D-ONENEWS.COM

Sambang Pelanggan PDAM Jadi Ajang Curhat

sambang_pelangganSurabaya,(DOC) – Kegiatan rutin “Sambang Pelanggan” yang digelar oleh PDAM Surya Sembada kota Surabaya bekerjasama dengan Forum Pelanggan PDAM sangat dimanfaatkan oleh warga di wilayah Kecamatan Sukolilo, untuk curhat.
Acara “Sambang Pelanggan” kali ini digelar di kantor Kecamatan Sukolilo dan dihadiri oleh Direktur Operasional PDAM Surya Sembada kota Surabaya, Tatur Jauhari, Sekertaris Perusahaan, M. Iqbal, Camat Sukolilo Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, DRS. EC. Erwin Tjahyuadi, M.Si, Camat Sukolilo, Kanti Budiarti M.Sos Msi, dan sejumlah jajaran manager pelayanan PDAM Surya Sembada, Senin(7/3/2016)malam..
Dalam kesempatan itu, masalah proses permohonan pemasangan jariangan baru, kebocoran pipa hingga debet air mengecil banyak dikeluhkan warga. “Selama ini dewan yang membantu warga ketika terjadi masalah. Di tempat kami ada proyek box culvert yang membuat pipa pdam bocor sepanjang 300 meter hingga warga tidak lancar mendapatkan air. Alternatifnya warga terpaksa beli air bersih. Laporan warga soal itu, juga lama di tindaklanjuti,” Keluh Darto Ketua LKMK Kelurahan Medokan Semampir.
Keluhan soal debet air mengecil, disampaikan oleh warga Kelurahan Nginden dan Klampis Ngasem. “Kita ini kebetulan tim pemantau jentik dan sering memantau air bak mandi warga. Saat kita menemukan jentik, bak mandi harusnya dikuras. Namun banyak yang menolak karena untuk mendapatkan air-nya lagi sangat susah. Sehingga program ini sulit terlaksana dengan baik,” jelas Ibu  Ketua Tim Pemantau Jentik Kelurahan Nginden.
Terkait dengan permohonan pemasangan jaringan baru, besarnya biaya pemasangan pipa ke percil hingga lamanya proses pemasangan menjadi keluhan warga di Klampis Ngasem dan Medokan Semampir. “Kalo di jalan Raya Airf Ramhat Hakim, biaya pemasangan jaringan baru terkena Rp.14 juta. Itupun waktunya lama, 5 bulan menunggu, petugas hanya melakukan survey,” jelas salah satu warga Medokan Semampir RW 08 / RT 05.
Menanggapi keluhan – keluhan tersebut, Direktur Operasional PDAM Surya Sembada kota Surabaya Tatur Jauhari mengatakan, manfaat digelarnya acara “Sambang Pelanggan” PDAM Surya Sembada kota Surabaya ini, yaitu mendengarkan keluhan pelanggan langsung untuk segera di respon. “Kegiatan rutin ini akan kita selenggarakan di semua Kecamatan. Kebetulan di awal tahun 2016, warga di wilayah Kecamatan Sukolilo yang kita temui lebih dahulu,” kata Tatur.
Mengenai persoalan pelayanan PDAM terkait lamanya pemasangan jaringan baru hingga debet air yang mengecil, Menurut Tatur, pasti akan segera ditindak lanjuti dengan membaut program – program baru. “Persoalan lamanya waktu pemasangan jaringan baru, Kami akan membuat program Master Meter atau Master Induk sebagai solusinya. Master Meter yang kini dalam pengerjaan, nantinya bisa langsung di manfaatkan untuk menyambungkan pipa air kepelanggan baru PDAM, tanpa harus menunggu waktu yang cukup lama,” ungkap Tatur.
Di akhir acara, managemen PDAM Surya Sembada kota Surabaya, juga memberikan bantuan 40 unit gerobak sampah ke Kecamatan Sukolilo.(r7)
 
 

Loading...