Sambut Nuzulul Quran, PKS Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

 Politik

Surabaya,(DOC) – Untuk menyambut datangnya Nuzulul Quran dibulan suci ramadhan, DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Surabaya bersama dengan DPD PKS Sidoarjo menyelenggarakan Lomba Baca Kitab Kuning, Minggu(11/6/2017). Kegiatan ini merupakan program nasional PKS dalam menyemarakkan bulan suci ramadhan 1438 H.

Ketua DPP Wilda Jatijaya, Ir. Sigit Sosiantomo mengatakan, Lomba baca kitab kuning terdiri atas babak penyisihan tingkat daerah, wilayah, dan nasional.

Babak penyisihan tingkat daerah akan dilaksanakan di 11 Daerah Dakwah PKS, salah satunya dilaksanakan di Daerah Dakwah I (Surabaya-Sidoarjo).

“Sebanyak 25 peserta dari berbagai Pondok Pesantren wilayah Surabaya-Sidoarjo mengikuti kegiatan ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, peraih juara pertama pada babak penyisihan tingkat daerah ini selanjutnya akan mengikuti babak penyisihan tingkat wilayah di DPW PKS Jawa Timur tanggal 16 Juli 2017 mendatang.

Dalam acara tersebut jajaran pimpinan PKS yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah Ketua DPP Wilda Jatijaya (Ir. Sigit Sosiantomo), Ketua DPW Jawa Timur (Ir. H. Arif Hari Setiawan, MT), Ketua Daerah Dakwah I (Aditya Nindyatman, ST), Ketua DPD Kota Surabaya (Akhmad Suyanto, ST, MT), dan Ketua DPD Kota Sidoarjo (Anang Ma’ruf, S.Pd).

Pada kesempatan tersebut, Ust. Sigit menyampaikan bahwa Lomba Baca Kitab Kuning ini diselenggarakan untuk melestarikan warisan para ulama terdahulu.

Selain itu, Ust. Arif juga menyampaikan bahwa,egiatan ini merupakan bentuk khidmat PKS pada para santri dalam menghidupkan tradisi keilmuan untuk meneruskan perjuangan para ulama.
Kitab yang dilombakan adalah kitab Fathul Mu’in karya Syeikh Ahmad Zainudin bin Abdul Aziz Al Ghazali Al Ma’bari Al Malibari Al Fannani As Syafi’i.

Sementara itu Ketua DPD PKS Kota Surabaya, Akhmad Suyanto mengatakan, kegiatan lomba baca kitab kuning kita selenggaralan rutin, dan ini merupakan kegiatan di bulan suci ramadhan serta menyambut datangnya Nuzulul Quran.

Para peserta lomba akan dinilai oleh 3 orang juri, yaitu KH. Abdus Salam Masykur, Lc, MA (Alumni Ponpes Tebu Ireng dan Universitas Imam Muh. Ibnu Saad Riyadh), Drs. Rahmat Amin (Alumni Ponpes Lirboyo Kediri dan IAIN Sunan Ampel Surabaya), dan Moh. Mursyidin (Alumni Ponpes Manbaul Hikam Putat Tanggulangin Sidoarjo).

Para juara lomba baca kitab kuning akan meraih hadiah berupa uang tunai sebesar 2 juta rupiah untuk juara 1, 1.5 juta rupiah untuk juara 2, dan 1 juta rupiah untuk juara 3.(r7)