Samsung Harus Bayar Rp 3,4 Triliun Ke Apple

Tidak ada komentar 151 views

Surabaya,(DOC) – Pengadilan San Jose, California mengeluarkan keputusan baru terkait kasus pelanggaran hak paten Apple oleh Samsung. Dalam keputusan barunya, pengadilan menetapkan denda atau ganti rugi sebesar USD 290 Juta atau sekitar Rp 3,4 Juta kepada Samsung.
Pengadilan menetapkan denda tersebut setelah melakukan perundingan selama dua hari. Sebelumnya, Apple meminta bayaran lebih tinggi kepada Samsung, yaitu sebesar 379,8 juta dollar AS. Namun, Samsung membantah, dan berpendapat hanya harus membayar 52,7 juta dollar AS atas kerugian yang diderita Apple. Namun Apple berhasil meyakinkan dewan juri bahwa Samsung menyalin berbagai fitur milik iPhone dan iPad.Total, Apple mendapatkan ganti rugi dari Samsung sebesar USD 990 juta, setelah sebelumnya Pengadilan menetapkan denda atau ganti rugi sebesar USD 600 jutaan.
” Terima kasih kepada dewan juri yang telah menunjukan bahwa Samsung meniru paten kami,” kata seorang juru bicara Apple seperti dikutip dari CNET.
Kasus pelanggaran paten yang melibatkan Apple dan Samsung dimulai sejak 2010. Di Amerika Serikat, persidangan antara keduanya berlangsung di beberapa pengadilan dengan gugatan paten yang berbeda. Di luar Amerika Serikat, keduanya juga bermusuhan di Inggris, Belanda, Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan Australia. Namun kendati berseteru di pengadilan, Samsung merupakan mitra utama Apple dalam pembuatan chip.(co/r7)