Satgas POM TNI Ikuti Induction Training

Tidak ada komentar 125 views

Lebanon, (DOC) – Komandan Satgas (Dansatgas) POM TNI Kontingen Garuda (Konga) XXV-F/UNIFIL (United Nation Interim Force in Lebanon), Letkol Cpm Andri Gunawan didampingi Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Lettu Pom Viride Sukma, Perwira Seksi Personel (Pasipers) Lettu Cpm Sony Panjaitan, Perwira Seksi Logistik (Pasilog) Lettu Cpm Anjan Pama S, Perwira Food (Pafood) Lettu Enis S, Pewira OIC Provost letda Cpm Arief Wicaksana, Perwira OIC Traffic Letda Cpm Hugo Adi Nugroho beserta Staf terkait, mengikuti Induction Training yang diselenggarakan oleh UNIFIL, di All Nation Room, Naqoura, Lebanon Selatan, Kamis (13/2/2014).
Induction training adalah suatu pelatihan yang diselenggarakan oleh Markas Besar UNIFIL bagi personel, baik militer maupun sipil yang baru bergabung dalam misi UNIFIL dalam rangka memberikan pemahaman tentang keberadaan UNIFIL serta situasi dan kondisi daerah penugasan. Dengan begitu kontingen-kontingen dari tiap-tiap negara dapat secara menyesuaikan dengan sistem yang ada, lebih efektif dan sensitif terhadap isu penting dalam melaksanakan misi serta meyakinkan bahwa prajurit sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan, keselamatan, dan keamanan mereka.
Menurut Mayor Inf Made Sandy Agusto selaku perencana dan penanggung jawab pelaksanaan Induction Training, bahwa pelatihan yang diberikan kepada seluruh anggota baru yang bergabung dalam misi UNIFIL baik personel militer maupun sipil, dengan tujuan untuk memberikan gambaran informasi tentang budaya, sosial politik, ekonomi, dan perkembangan situasi keamanan terakhir di daerah misi penugasan dalam hal ini di Lebanon dan pada kesempatan pertama diadakan pree test untuk menguji sebagaimana pengetahuan bekal awal bertugas di UNIFIL.
Dalam kegiatan Induction Training dilaksanakan pula praktek lapangan tentang pengenalan cara kerja sebagai Polisi Militer UNIFIL yang dipandu secara langsung oleh Instruktur dari FPM (Force Provost Marsal), dan sebagai akhir dari Induction Training dilaksanakan Post Test untuk menguji seberapa besar kemampuan penyerapan pelajaran dan praktek yang sudah diajarkan.
Induction Training di UNIFIL yang diorganisir dan direncanakan oleh J7 Training dan Lesson Learned, dalam hal ini Mayor Inf Made Sandy Agusto dari Indonesia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sangat tinggi kepada Satgas Pom TNI Konga XXV-F/UNIFIL atas pelaksanaan Induction Training. (puspen/r4)