Satpol PP Bongkar Bangunan milik PT. Nusa Raya Cipta

Surabaya,(DOC)Satpol PP Kota Surabaya kembali menunjukkan taringnya dalam menegakkan aturan perda kota. Itu dilakukan dengan melakukan pembongkaran dinding pembatas di eks bangunan swalayan kawasan Jalan Bintoro Surabaya.

Tidak tanggung-tanggung, sekitar 40 personil dibantu dengan alat pemotong las diterjunkan membongkar dinding pembatas milik kontraktor PT. Nusa Raya Cipta. Proses pembongkaran tersebut memerlukan waktu cukup lama, mengingat dinding yang dibangun permanen tersebut panjangnya sekitar 10 meter.

Terlebih, kondisi pembangunan dinding pagar pembatas tersebut menancap di paving pedestrian jalan. Hal itu membuat pihak Satpol PP Kota Surabaya memberikan sanksi pasal berlapis.

Dintaranya, melanggar ketentuan penggunaan jalan sesuai Pasal 8 Ayat 1 Perda Nomor 10 Tahun 2008, serta pengrusakan fasilitas umum. Terkait pengrusakan fasilitas umum, rencananya laporan tersebut akan dibawa menuju ranah pidana.

Saat dibongkar, didalam lahan reruntuhan juga didapati pos pengamanan. Pos tersebut berada di bagian ujung barat dari lokasi lahan. Sayangnya, saat ditertibkan tidak terlihat satu pun petugas maupun penjagaan didalam pos.

’’Saat dilakukan pembongkaran, terlihat banyak mur dari pagar pembatas yang menancap di paving pedestrian. Akibatnya, banyak kondisi pedestrian jadi rusak,’’ kata Irvan Widianto Kasatpol PP Kota Surabaya, saat ditemui dilokasi Jumat pagi (25/4/2014).

Mantan Camat Rungkut Surabaya itu menerangkan, pagar pembatas permanen dari bahan aluminium diduga sengaja dipasang melebihi batas ketentuan.’’Sementara kami juga menyegel lokasi tersebut,’’ imbuh Irvan.

Dalam waktu dekat, rencananya pihak kontaktor akan dilaporkan ke pihak Pengadilan Negeri Surabaya terkait pengrusakan fasilitas umum. Pagar pembatas yang telah dibongkar turut diamankan sebagai barang bukti dalam penyerahan berkas laporan. (*/r7)