D-ONENEWS.COM

Satu Jamaah Haji Kediri Dapat Perawatan

Surabaya (DOC) – Satu orang jamaah haji kloter pertama asal Kediri mendapat penanganan medis begitu turun dari pesawat. Jamaah haji usia 58 tahun terpisah dari rombongan namun ikut mobil ambulance Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Surabaya.
Menurut Tri, petugas Udzur Asrama Haji Surabaya mengatakan, memang satu jamaah Haji asal Kediri punya riwayat penyakit diabetes sebelum berangkat ke Tanah Suci.
Sementara itu, dr. Budi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan membenarkan bahwa ada satu jamaah dari kloter pertama yang menderita diabetes militus.
“Hanya satu yang mengalami diabetes militus, kadar gulanya meningkat saat mendarat,” ujarnya di Birr Ali asrama haji Sukolilo Surabaya, Jumat (08/9/2017).
Untuk sementara, menurut dr. Zainul Wakil Kepala Bidang Kesehatan PPIH Surabaya, jamaah haji masih dirawat di poliklinik asrama haji. Kemudian jamaah akan dipulangkan ke Kediri untuk dirawat di sana.
“Masih nunggu ambulance dari Kediri, untuk dirawat disana,” ucapnya.
dr. Budi menambahkan jamaah akan dijamin kesehatannya setelah jamaah haji pulang kerumahnya dalam rentang waktu dua minggu.
Dengan membawa kartu kewaspadaan, jamaah akan dipantau kurun waktu dua Minggu setelah pulang. Bila dalam dua Minggu mengalami sakit demam seperti gejala penyakit di Arab Saudi segera melapor dan mengobati ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat. (D02)

Loading...

baca juga