SBY Juga Kunjungi Pabrik Gula Jatiroto

Tidak ada komentar 212 views

Lumajang,(DOC) – Di hari kedua kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Gubernur Jawa Timur Dr. H.Soekarwo ikut mendampingi SBY untuk meninjau Pabrik Gula (PG) Jatiroto Kabupaten Lumajang, Rabu (31/7/2013). Rombongan disambut oleh jajaran direksi dan para pekerja PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) XI.
Saat tiba, Presiden SBY dan Ibu Ani, Gubernur Jatim dan Bude Karwo, beserta para menteri terkait terlihat antusias saat mendengarkan penjelasan proses produksi gula hasil Pabrik Gula Jatiroto. Pabrik Gula Jatiroto merupakan salah satu dari 16 pabrik yang dimiliki PTPN XI.
Pabrik gula yang berdiri sejak 1904 ini mempekerjakan 2.000 karyawan tetap dan sekitar 16 ribu karyawan kontrak maupun harian. Pabrik ini mulai dioperasikan sejak tahun 1910 terdiri dari 2 bagian besar yakni pabrik penggilingan dan pabrik tengah.
Tebu yang digunakan pabrik gula ini merupakan hasil perkebunan tebu milik petani dan PG Jatiroto sendiri. Ada 10.000 hektar lahan perkebunan tebu yang digunakan terdiri dari 5.000 hektar milik petani dan 5.000 hektar milik PG Jatiroto.
Sebagai informasi, satu hektar lahan tebu dapat menghasilkan 7 ton gula dan Pabrik Gula Jatiroto mampu menghasilkan 490 ton per hari. Untuk produk unggulannya yakni Gupalas (Gula Pasir Sebelas). PG Jatiroto terus berbenah diri dalam memproduksi gula. Tahun 2013 ini, PG Jatiroto menargetkan untuk produksi gula sekitar 450 ribu ton.
Setelah meninjau PG Jatiroto, Pakde Karwo terus mendampingi Presiden SBY untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Jember untuk meninjau Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Pantai (UPPPP) di Desa Puger dan PT. Mitratani Dua Tujuh di Desa Mangli Kecamatan Kaliwates.(R7)