SBY Puji Keberhasilan Jusuf Kalla Pimpin PMI

Tidak ada komentar 507 views

Jakarta (DOC) –  Pernah bersama memimpin NKRI, pagi tadi dalam acara penganugerahkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada 1.402 Donor Darah Sukarela (DDS), SBY – JK  kembali bertemu. Acara yang diselenggarakan di  Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pujian kepada Jusuf Kalla atas kemampuannya dalam memimpin organisasi kemanuasiaan Palang Merah Indonesia (PMI).

“Ketua PMI memiliki pengetahuan untuk menjalankan tugas kemanusiaan. Saya percaya PMI akan terus meningkatkan kinerjanya diamasa mendatang,” kata Presiden SBY, Jumat (14/12).

Sementara itu Ketua Umum PMI Jusuf Kalla menjelaskan, para DDS ini merupakan mitra setia dari PMI yang secara rutin menyumbangkan darahnya untuk memenuhi persediaan kebutuhan darah secara nasional.

“Mereka adalah contoh yang baik bagi masyarakat. Mereka telah membantu PMI dalam meningkatkan stok darah nasional. Mereka adalah pahlawan sejati karena menyumbangkan darahnya untuk kehidupan,” kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

Tema acara ‘Darah untuk Kehidupan’ dan tema Hari Donor Darah Sedunia ‘Setiap Pendonor Darah adalah Pahlawan. Pada acara penganugerahan kali ini, Jawa Timur masih memegang jumlah DDS terbanyak yaitu 672 orang, disusul DKI Jakarta 377 orang, Jawa Tengah 138 orang, Jawa Barat 107 orang, DIY 18 orang, Sulawesi Utara 17 orang, Kalimantan Barat 16 orang, Banten 15 orang, Bali 12 orang, Lampung, NTB dan Papua masing-masing 7 orang, Kalimantan Timur 5 orang, dan Kepulauan Riau 4 orang.

Sementara pendonor darah 100 kali tertua berasal dari Jawa Timur dan Kalimantan Barat yaitu berusia 74 tahun. Dan pendonor darah 100 kali termuda datang dari Jawa Barat berusia 38 tahun.

Sejumlah menteri Kabinet Bersatu Jilid II hadir, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Indonesia (Menkokesra) Agung Laksono, Menteri Kesehatan dr.Nafsiah Mboi, Menteri Sosial. Salim Segaf Al Jufri, dan jajaran pejabat di antaranya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Kapolri Jendral Polisi  Timur Pradopo. Sejumlah mitra PMI yaitu perwakilan Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) dan delegasi dari perhimpunan nasional negara-negara sahabat di Indonesia.(K-4/kbr)