Sekdaprov Jatim Rasiyo Akan Diganti

 Politik

Surabaya,(DOC) – Jabatan Sekdaprov Jatim Rasiyo akan berakhir dua bulan lagi, dengan catatan jika jabatannya tak diperpanjang satu tahun lagi. Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan akankah jabatan Rasiyo diperpanjang lagi? Rasiyo sendiri telah diperpanjang jabatannya satu tahun hingga Desember 2012, yang seharusnya pensiun tahun lalu (17 Desember 2011).

Informasi yang beredar di lingkungan Pemprov Jatim, masa jabatan Rasiyo bakal diperpanjang lagi. Pasalnya, untuk mengajukan pergantian Sekdaprov tidak bisa mendadak. Gubernur Jatim Soekarwo harus mengajukan nama-nama calon Sekdapron, minimal 6 bulan sebelum masa jabatan habis. Tapi hingga kini Pakde Karwo –panggilan Gubernur Soekarwo– masih adem ayem, bahkan belum mengajukan surat atau mengirim nama-nama calon ke Mendagri untuk mengikuti fit and proper test.

Pakde Karwo ketika dikonfirmasi soal kelanjutan nasib Rasiyo, tidak banyak mengumbar komentar. “Sampai saat ini belum ada keputusan soal rencana perpanjangan masa jabatan Sekdaprop,” ungkapnya.

Alasan Pakde Karwo yang juga Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim tak mau berkomentar karena dirinya khawatir komentarnya nanti disalahartikan. Maksudnya, jadi pengharapan. Sebab jika meleset akan jadi persoalan sendiri.

Dari informasi yang digali d-onenews.com, ada 8 nama yang digadang-gadang untuk menggantikan Rasiyo sebagai Sekdaprov Jatim, jika nanti tak diperpanjang lagi. Mereka adalah Ahmad Sukardi (Asisten IV), Hadi Prasetyo (Asisten II), Edy Purwinarto (Asisten III), Akmal Boedianto (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jatim), Nurwiyatno (Kepala Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah), Harun (Kepala Dinas Pendidikan Jatim), Hari Sugiri (Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan), Wibowo Eko Putro (Kepala Dinas Pertanian Jatim).

Dari nama-nama tersebut, Hadi Prasetyo, Ahmad Sukardi dan Harun memiliki peluang besar untuk menggantikan posisi Rasiyo sebagai Sekdaprov. Bahkan ketiga orang ini memang dikenal dekat dengan Pakde Karwo. (R-12/R-7)