Semburan Lumpur mirip Lapindo Porong terjadi di Gresik

Gresik, (DOC) – Semburan lumpur mirip lumpur Lapindo, terjadi diarea Bendungan Metatu Desa Metatu kecamatan Benjeng Gresik Jawa Timur.
Lumpur yang menyembur setinggi 15 meter tersebut, diduga mengandung minyak dan mengeluarkan bau mirip minyak solar.
Fenomena alam ini mulai terjadi pukul 18.00 WIB Selasa (13/11/2012), dilahan milik pemerintah desa Metatu, yang lokasinya dekat sumur minyak mentah peninggalan Belanda, berjarak sekitar 20 meter.
Menurut Salah satu Warga Ahmad Jhony, Kejadian ini dianggap aneh, karena di sekitar lokasi semburan lumpur, tidak ada aktivitas pengeboran minyak atau gas. Sementara sumur minyak mentah milik Belanda tersebut, juga sudah 1,5 tahun tidak digunakan dan ditutup secara permanen .
“sebelum lumpur menyembur, pemerintah desa sempat meratakan tanah di areal bendungan Metatu. Tidak ada kegiatan pengeboran minyak atau gas disekitar sini. Malah sumur milik Belanda itu sudah dicor.” Jelas Jhony.
Saat ini pihak kepolisian setempat, tengah mengamankan lokasi semburan lumpur di desa Metatu Kecamatan Benjeng Gresik jawa Timur. Warga yang ingin melihat dilarang merokok dan menyalakan korek api, karena ditakutkan kandungan minyak tinggi dan mudah terbakar.
Semburan lumpur yang semula setinggi 15 meter, sekarang kapasitasnya sudah mulai mengecil. Namun aliran lumpur semakin meluas hingga mencapai radius 50 meter lebih. Diameter lubang semburan juga makin melebar sekitar 25 sentimeter. (r-7)