Semen Indonesia Gencar Manjakan Pelanggan

Tidak ada komentar 627 views

Kediri, (DOC) – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara intens menggandeng pelanggan/peritel semen merek Semen Gresik di berbagai wilayah. Perusahaan aktif menggelar beragam aktivitas untuk menjaga loyalitas pelanggan/peritel kepada produk-produk Semen Indonesia. Acara untuk menjaga loyalitas pelanggan/peritel tersebut antara lain diwujudkan melalui Temu Pelanggan, seperti yang digelar perusahaan di Kediri, Rabu (4/9/2013).
“Sebagai pemimpin pasar (market leader) di industri semen, kami tidak boleh lengah. Kami tidak hanya berorientasi pada produk semen yang bagus (product-centric), tetapi sudah mengarah kepada bagaimana kita membuat pelanggan merasa nyaman dan selalu terpuaskan (customer-centric). Itu kunci kami bisa terus mempertahankan penguasaan pasar di industri semen nasional yang semakin kompetitif,” ujar Kepala Departemen Pengembangan Pemasaran Semen Indonesia, Rudi Hartono.
Acara Temu Pelanggan di Kediri tersebut ditujukan bagi para peritel/pelanggan di Area IV (Kediri, Jombang, Blitar, Nganjuk, Trenggalek, dan Tulungagung). Terdapat sedikitnya 600 peritel/pelanggan yang mengikuti acara tersebut.
Rudi menuturkan, acara Temu Pelanggan dimaksudkan sebagai salah satu program retensi (retention program) untuk menjaga loyalitas para pelanggan/peritel. Perusahaan juga memberikan apresiasi kepada pelanggan/peritel berprestasi yang mampu membukukan penjualan semen dalam jumlah tertentu. Apresiasi diwujudkan dalam bentuk beragam hadiah, mulai uang tunai sampai paket perjalanan wisata.
“Kami ingin membangun relationship jangka panjang dengan pelanggan/peritel yang merupakan toko-toko penjual produk kami. Mereka punya peran penting untuk menjamin distribusi produk kami hingga sampai ke masyarakat,” jelasnya.
Rudi menjelaskan, ada empat tujuan dalam aktivitas menjaga loyalitas pelanggan. Pertama, menanamkan kepercayaan. Dalam hal ini, perseroan ingin selalu memastikan bahwa pelanggan/peritel percaya kepada Semen Indonesia. Hal itu antara lain diwujudkan dengan keberadaan mobil laboratorium, di mana tim Pelayanan Teknis perusahaan siap setiap saat mendatangi pelanggan yang membutuhkan khususnya tentang kualitas produk serta aplikasinya. “Di tempat mereka kami akan langsung melakukan tes di mobil laboratorium untuk mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan, sehingga pelanggan selalu percaya bahwa produk kami adalah yang terbaik,” kata Rudi.
Memupuk kepercayaan pelanggan/peritel juga dilakukan dengan menjamin kontinuitas pasokan produk. Tujuan kedua adalah memperkuat kemitraan. Kemitraan terus dipupuk dengan berbagai aktivitas, seperti Temu Pelanggan. “Prinsipnya, antara perusahaan dan pelanggan/peritel menjalin kemitraan yang saling menguntungkan,” ujar Rudi.
Adapun tujuan ketiga adalah membangun rasa memiliki (sense of belonging) terhadap Semen Indonesia. “Jika pelanggan mempunyai rasa memiliki ke perusahaan, tentu dampaknya akan bagus ke kinerja perusahaan. Tentu saja rasa memiliki ini muncul karena kualitas produk kami yang bagus dan pelayanan yang memuaskan,” jelasnya.
Tujuan keempat adalah terjadinya transaksi yang terus berulang. “Itulah pelanggan/peritel yang loyal, dan kami berharap bisa terus memenuhi ekspektasi mereka,” kata Rudi.
Selain merangkul para pelanggan/peritel, Semen Indonesia juga menggandeng para tenaga kerja konstruksi yang merupakan pemakai langsung dari produk semen. Ahli/tukang bangunan tersebut dilatih dan disertifikasi dengan fasilitas dari Semen Indonesia.
“Ahli/tukang bangunan adalah salah satu ujung tombak pencipta kekuatan pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth) yang akan sangat berguna dalam proses pemberian rekomendasi pembelian semen. Hingga 2012, total tenaga konstruksi yang dibina perseroan mencapai 10.562 orang dari berbagai daerah, termasuk dari Kediri, Jombang, Blitar, Nganjuk, Trenggalek, dan Tulungagung. (k12/r4)