Sempat Kabur, Mantan Lurah Bubutan Akhirnya Ditangkap Polrest Tanjung Perak

foto : Mantan Lurah Bubutan, M Hanafi ditangkap Polrest Tanjung Perak

Surabaya,(DOC) – Tak banyak gembar – gembor ke public, Polres Tanjung Perak ternyata meneruskan penyelidikan terhadap mantan Lurah Bubutan M. Hanafi yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) akhir tahun 2017 lalu.

M. Hanafi yang sebelumnya lolols dari penahanan, lantaran Pemkot Surabaya memberikan jaminan, kini sudah tak bisa menghindar lagi, karena Polres Tanjung Perak telah menangkapnya dari tempat pelariannya, Kamis(22/2/2018) sore kemarin sekitar pukul 17.35 WIB.

Dengan menggunakan mobil Avanza silver metalik L 1827 JF, petugas Polres Tanjung Perak menggelandangnya dan kemudian menahan M. Hanafi.

Seperti pemberitaan lalu, Hanafi tertangkap OTT lantaran melakukan pungutan liar ke sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di daerah Jalan Perak Barat Surabaya beberapa waktu lalu.

Aksi pungli  itu, dilakukan Hanafi sudah berlangsung cukup lama, mulai menjabat Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Krembangan Kota Surabaya hingga menjadi Lurah Bubutan, Kecamatan Bubutan.

“Benar, yang bersangkutan (Hanafi, red) melakan pungli terhadap para PKL di Jalan Perak Barat. Nilai punglinya beragam, antara 75 ribu hingga 100 ribu,” jelas Kanit Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Memang, yang mengamankan Hanafi adalah Unit Tipikor Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dan hingga saat ini (semalam), pria asal Jalam Patemon 2, Sawahan Surabaya itu masih menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik Unit Tipikor.

“Jadi, saat ini yang bersangkutan statusnya terperiksa. Besok (hari ini, red) kami update lagi perkembangannya,” imbuh Ipda Tio.(pro/hadi/r7)