Seni Decoupage Semakin Banyak Peminat, Workshop Digelar Adelt Gift di Grand City Mall Surabaya

foto : suasana workshop seni decoupage yang diselenggarakan oleh Adelh Gift di West Atrium Grand City Mal Surabaya

Surabaya,(DOC) – Diusianya ke 9, Adelh Gift membagikan pengetahuan soal  tehnik ‘Seni Decoupage’ atau seni kerajinan/keterampilan tangan membuat hiasan pada berbagai macam media mulai dari bahan dasar MDF atau kayu, kaca, keramik, kaleng ataupun tembikar yang diwarnai dengan motif dasar untuk ditempel – tempel potongan kertas motif.

Dikemas dalam bentuk workshop yang diselenggarakan oleh Adelh Gift di West Atrium Grand City Mal Surabaya, seni decoupage kini kian banyak diminati masyarakat.

Hal ini dibuktikan pula dengan jumlah peserta acara masterclass decoupage workshop yang bukan hanya datang dari Surabaya, namun dari berbagai kota. “Dari Jakarta, Bandung, Malang, Solo, Palu ataupun Papua hadir untuk mengikuti workshop ini” jelas Anna Julia pemiliki Adelh Gifts, Minggu(11/3/2018).

Workshop berlangsung 6 hari mulai tanggal 5 hingga 11 Maret 2018 yang tiap hari digelar berbagai macam workshop, seperti workshop decoupage on cushion (pada bantal), decoupage on bottle (botol kaca), decoupage 3D pop-up technique, decoupage woodgrain technique, dan berbagai macam decoupage lainnya.

“Jadwalnya bisa di cek melalui di instagram @grandcitymall atau instagram @adelhgifts langsung,” katanya.

Berawal dari menjual produk-produk dengan finishing decoupage, kini Adelh Gift juga banyak mengadakan pelatihan-pelatihan decoupage rutin setiap bulannya. Disamping merupakan sebuah bentuk usaha, hal lain yang menjadi tujuannya dari Adelh Gifts saat ini adalah memperkenalkan decoupage sebagai salah satu kerajinan tangan dan juga sebagai salah satu seni yang dapat digunakan sebagai bekal untuk membuka usaha. “Awalnya saya hanya menjual produk – produk dengan dinishing decoupage saja, namun karena seni ini termasuk sangat jarang pada saat itu, banyak yang tertarik dan meminta saya untuk membuka kursus atau pelatihan untuk mereka karena hasilnya yang cantik” ungkap Anna Julia.

Kini Adelh Gift telah memiliki banyak murid, termasuk melalui workshop yang diadakan di Grand City Mall Surabaya. Menurut Anna, dirinya akan terus memperdalam ilmunya dengan kembali belajar ke luar negeri hingga dipercaya untuk boleh mengeluarkan sertifikat berskala internasional miliki decoupage Calambour dan Italia.

“Jadi belajar di Adelh Gifts akan mendapatkan pengajaran dan sertifikat dengan standar yang sama persis dengan kurikulum dan materi pembelajaran di luar negeri. Kelas bersertifikat ini ditujukan untuk orang-orang yang juga tertarik untuk mendalami kesenian decoupage, entah sebagai bekal wiraswasta atau bekal menjadi pengajar,” papar Anna Julia.

Hingga hari ini telah ada beberapa puluh orang murid yang sudah mengikuti program bersertifikat Calambour, Italia dan beberapa di antaranya telah sukses membuka usaha sendiri seperti di Samarinda, Pekanbaru, Yogyakarta, Palu, dan seterusnya hingga ke Biak dan Irian Jaya. “Profesi murid-murid saya bermacam-macam, tidak hanya ibu rumah tangga melainkan ada yang PNS, dokter, koki, pilot, dan lain lainnya” lanjur Anna Julia.

Pada anniversary kali ini Adelh Gifts juga memberikan peluang kepada para pecinta Decoupage untuk boleh berkenalan dan sekaligus belajar dari guru decoupage bertaraf international dari Thailand yang memiliki hubungan khusus dan erat dengan Calambour, Itali.

Menurut dia, guru yang berasal dari Sifa decoupage (Bangkok) ini adalah sumber utama tempat semua guru decoupage dari berbagai negara termasuk Jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Indonesia memperoleh sertifikat guru dan diberikan hak untuk mengajar dan mengeluarkan sertifikat Calambour di negara masing-masing.

“Saya menempa ilmu decoupage dari Mrs. Swangsri Sivakriskul. Untuk acara kali ini, saya mengundang Mrs. Swangsri Sivakriskul dari SIFA DECOUPAGE untuk mengajar masterclass dan kelas teknik advanced di Grand City Mall Surabaya,” pungkas Anna.(r7)