Seniman Kartolo Merasa Bangga, Rumahnya Didatangi Ketua KPU RI Untuk Coklit Pertama

Foto : Arief Budiman Ketua KPU RI, Kartolo Budayawan dan Seniman, serta Fandi Utomo anggota DPR RIA

Surabaya,(DOC) – Seniman dan Budayawan legendaris asli Surabaya, Cak Kartolo merasa tersanjung, ketika ketua KPU RI, Arief Budiman dan Anggota DPR RI, Fandi Utomo bersama pejabat terkait mendatangi rumahnya, jalan Kupang Jaya1 nomor 12 Surabaya, untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, Sabtu(20/1/2018) pagi.

“Luk kok akeh pejabate sing teko(Lho Kok banyak penjabatnya yang datang), nek aku tak mundur ae ngadek e,(kalau gitu aku tak mundur saja berdirinya), sungkan aku,” canda-an Kartolo yang disambut tawa oleh rombongan.

Dalam kesempatan itu, seniman Ludruk itu diminta menyerahkan kartu tanda penduduk (KTP) miliknya dan anggota keluarganya, sekaligus menunjukkan kartu susunan keluarga (KSK) sesuai alamat yang di tempati.

Proses Coklit dan validasi data hanya berjalan singkat karena persyaratan telah lengkap terpenuhi. Petugas Pemutakhiran Data Pemilih(PPDP) langsung mencatat data pemilih ke form A-KWK dan ditanda tangani kedua belah pihak.

Usai validasi data, tim PPDP melanjutkan kegiatan yaitu menempel sticker pemutakhiran data di rumah Kartolo.

“Coklit secara simbolis di rumah cak Kartolo ini diharapkan bisa mendorong pemilih untuk korporatif kepada petugas PPDP. Seniman dan budayawan cak Kartolo selama ini menjadi figure masyarakat,” ungkap Arief Budiman kepada sejumlah media.(hd/r7)