Sentra PKL Urip Sumoharjo Akan Di Ubah Fungsi

Tidak ada komentar 315 views

Surabaya , (DOC) – Sentra pedagang kaki lima(PKL) di kawasan Urip Sumoharjo yang telah lama mati, akibat sepi pengunjung, rencananya akan dialih fungsikan sebagai fasilitas lain.
Saat ini dinas Koperasi dan UMKM kota Surabaya tengah melakukan kajian atas pengalihan fungsi tersebut, sekaligus pembenahan fasilitas penunjangnya.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Surabaya, Hadi Mulyono menyatakan, memang berbagai pertanyaan sejumlah pihak, akan keberadaan para PKL tersebut, yang akan punah secara perlahan, banyak di dengar olehnya. Sehingga harus dikaji ulang keberadaannya.
Dari pantuannya, sejumlah bedak PKL disana, juga terlihat sudah tidak ada aktivitas berjualan lagi dan sepi pengunjung.
“Sekarang kita tengah memikirkan bagaimana cara meramaikan sentra PKL di Urip Sumoharjo, supaya banyak dikunjungi konsumen.” Kata Hadi Mulyono, Kamis(13/12/12) hari ini.
Hadi Mulyono menjelaskan, Jumlah PKL yang terdata pada awal sentra PKL Urip Sumoharjo di resmikan yaitu sebanyak 30 PKL. Namun kini hanya tinggal 12 PKL saja.
Menurut Hadi, banyak hal yang membuat sentra PKL tersebut sepi pengunjung, yaitu salah satunya, terkait manajemen pengelolaan yang kurang baik.
“Banyak faktor yang menyebabkan sepi, bukan hanya dari pedagang, tapi mungkin juga infrastruktur penunjang seperti lahan parkir yang belum ditata dengan baik. Ini yang akan kita kaji ulang.”ujar Hadi Mulyono.
Sekarang ini pengunjung yang datang ke sentra PKL tersebut, hanya untuk minum dan nongkrong. Hal ini akan menjadi acuan pihak pemkot, apakah tetap dipertahankan sebagai food court atau diubah fungsinya.
“meski begitu, diinas koperasi tetap akan mendorong agar kondisi centra PKL Urip Sumoharjo ramai pengunjung lagi.” Kata Hadi.
Sementara itu, ditahun 2013 mendatang, Dinas Koperasi dan UMKM kota Surabaya, menargetkan membangun 9 sentra PKL di seluruh kawasan di Surabaya. “Anggaran yang sudah dipersiapkan untuk membangun sentra-sentra PKL, mencapai Rp. 6 milliar.” Jelas Hadi.(K5/R7)