Sepi Peminat, BKD Perpanjang Verifikasi Data Pelamar CPNS

Surabaya,(DOC) – Akibat Badan Kepegawaian Daerah(BKD) kota Surabaya pilih-pilih media massa untuk mensosialisasikan lowongan kerja Calon Pegawai Negeri Sipil(CPNS) jalur umum, membuat lowongan CPNS dilingkungan Pemkot Surabaya tersebut, sepi pelamar.

Guna memenuhi quota peminat CPNS, BKD kota Surabaya akhirnya memperpanjang pendaftaran hingga Selasa(16/9/2014) besok. Keputusan perpanjangan tersebut tertuang dalam surat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya nomor 800/2952/436.7.6/2014 tanggal 11 September 2014.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Pemkot Surabaya, Mia Santi Dewi, saat dikonfirmasi membantah jika perpanjangan masa pendaftaran ini, lebih dikarenakan kurangnya sosialisasi Media massa ke masyarakat untuk melamar menjadi CPNS. Namun lebih dikarenakan verfikasi data bagi para pelamar yang telah registrasi secara online.

Masa perpanjangan verifikasi data ini, bukan hanya terjadi di Surabaya, namun juga melanda daerah – daerah lain se-Indonesia.

Menurut Mia(panggilan akrabnya), pemerintah pusat dan daerah yang mengubah sistem rekrutmen CPNS jalur umum, dengan mendaftar melalui Website Panselnas, mencoba memberikan penghargaan bagi para pelamar CPNS yang telah berhasil mengakses situs tersebut, dengan cara memperpanjang verivfikasi data.

“Untuk perpanjangan masa verifikasi itu tidak hanya di Pemkot Surabaya saja. Namun juga terjadi  di daerah lain ,”terang Mia.

Berdasarkan data di BKD, hingga Senin (15/9/2014), pelamar CPNS yang mendaftar melalui Website yaitu tercatat sekitar 9286 orang. 6028 orang diantaranya, adalah pelamar yang datang langsung ke Gedung Wanita Jalan kalibokor Surabaya.

Dari total jumlah pelamar CPNS, menurut Ia, baru sekitar 5057 pelamar yang telah melakukan verifikasi data secara lengkap dan mendapatkan nomor seleksi.

“Ada sekitar 971 pelamar yang ditolak karena kurang kelengkapan admimistrasi tanpa nomor pendaftaran serta tidak bisa dikonfirmasi. Itu diketahui setelah tercatat di website dan sudah muncul nomor pelamar, namun saat dimasukkan ternyata nomornya tidak terbaca. Jadi masih ada sekitar 4129 pelamar yang kami tunggu untuk kelengkapan administrasinya besok (hari ini,red),” paparnya

Sementara ada Seperti tahun sebelumnya, setelah proses  verifikasi selesai dilakukan, selanjutnya  pelamar CPNS akan melalui proses tes berbasis CAT (Computer Assisted Tes) yang mekanismenya kurang lebih sama dengan tahun lalu. Tes kompetensi dasar menggunakan metode CAT, sedangkan tes kompetensi bidang dilaksanakan secara tertulis.
“Untuk jadwal pelaksanaan tes masih menunggu kepastian dari Badan Kepegawaian Negara,” kata Mia Santi Dewi.

Sementara itu berkaitan dengan surat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya nomor 800/2952/436.7.6/2014 tanggal 11 September 2014, telah memberikan peluang besar bagi warga Surabaya yang belum memasukkan pendaftaran rekrutmen CPNS.

Surat BKD tersebut dengan jelas memberitahukan bahwa jadwal verifikasi dokumen pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) diperpanjang 2 (dua) hari, yang semula dilaksanakan tanggal 1 s/d 13 September 2014 menjadi tanggal 1 s/d 16 September 2014 pukul 08.00-16.00 WIB di Gedung Wanita Candra Kencana, Jl. Kalibokor Selatan No. 2 Surabaya.

Dengan demikian warga Surabaya yang belum mengetahui lowongan kerja tersebut , bisa mendatangi tempat verifikasi dan memasukkan lamaran sebagai CPNS.(r7)