Sering Makan Daging Merah Bisa Menjadi Penyebab Kanker Usus Besar

daging merah

Siapa yang tidak suka makan daging? Anda mungkin salah satu penggemar daging merah. Tapi, sebaiknya jangan sering-sering makan daging merah dalam jumlah banyak. Hal ini tidak hanya agar Anda terhindar dari kolesterol tinggi, namun juga untuk mencegah Anda terkena penyakit yang lebih serius.

Daging merah sebenarnya dibutuhkan. Dalam daging merah terkandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, zat besi salah satunya. Zat besi ini dibutuhkan tubuh sebagai penambah darah. Orang dengan anemia dianjurkan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Namun, makan daging merah terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Penelitian menunjukkan konsumsi daging merah dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko Anda mengalami kanker usus besar.

Hal ini bisa disebabkan karena daging merah yang Anda konsumsi dimasak dalam suhu yang tinggi. Memasak daging pada suhu tinggi atau bahkan sampai daging hangus dapat menyebabkan terbentuknya senyawa karsinogen (senyawa penyebab kanker) dalam daging.

Sehingga, jika Anda penggemar daging, sebaiknya kurangi konsumsi daging merah Anda. Hindari makan daging merah setiap hari. Selingi dengan makanan lain. Anda bisa mengganti makanan sumber protein Anda dengan makanan lain, seperti daging ayam, ikan, seafood, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.