Setelah Marinir, Putra Mahkota Brunei Warga Kehormatan Paskhas

Bandung, (DOC) – Komandan Korps Pasukan Khas (Dankorpaskhas) Marsekal Muda TNI M. Harpin Ondeh, S.H. mengangkat Duli Yang Teramat Mulia Paduka Seri Pengiran Muda Mahkota Haji Al-Muhtadee Billah Ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah menjadi Warga Kehormatan Korpaskhas Angkatan Udara, dalam suatu upacara militer di lapangan Markas Komando Korpaskhas, Lanud Sulaiman, Bandung.
Pengangkatan tersebut dalam rangka memberikan penghargaan kepada Putera Mahkota Menteri Kanan di Jabatan Perdana Menteri Negara Brunei Darussalam yang telah memberikan perhatian dalam memajukan Korpaskhas.
Dankorpaskhas menyampaikan bahwa, pengangkatan ini ditandai dengan pembaretan dan penyematan Brevet Kualifikasi Komando Kehormatan dipakai diatas saku baju sebelah kanan pada pakaian dinas Putera Mahkota Brunei. Pengangkatan warga kehormatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan persahabatan antara Brunei Darussalam dengan Indonesia, sehingga ke depan kerjasama antar kedua negara akan lebih baik.
Sementara itu, Putera Mahkota Brunei memberikan penghargaan yang sangat tinggi kepada Marsekal Muda TNI M. Harpin Ondeh, dan merupakan suatu kehormatan yang bermakna atas pengangkatan sebagai warga Korpaskhas. Pada saat menyaksikan demonstrasi para prajurit Paskhas, Putera Mahkota sangat terkesan, dan berharap ke depan dapat berkunjung lagi ke Paskhas TNI AU. “Pasukan kedua negara telah menjalin persahabatan yang sangat erat dan saya yakin hubungan ini akan terus berlangsung dari masa ke masa”, ujar Putera Mahkota Brunei.
Upacara Pengangkatan Warga kehormatan diawali dengan demonstrasi serbuan cepat Tembak Tempur Offensif yang diperagakan oleh prajurit-prajurit Satuan Bravo’90 Paskhas yang mempunyai ketrampilan dan kemampuan menembak yang tinggi serta mengoperasikan berbagai macam senjata.
Pejabat Indonesia yang hadir Kasau Marsekal TNI IB Putu Dunia, Wamenhan RI Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Dubes RI Brunei Ibu Nurul Qomar, dan beberapa pejabat Kemhan, Kemlu, TNI AU. Sedangkan pejabat Brunei, Wamen Brunei (Deputy Minister at Prime Minister Officer) Dato Paduka Haji Ali Bin Haji Apong, Dubes Brunei untuk RI Brigadir Jeneral (B) Dato Paduka Haji Mahmud bin Haji Saidin Yang Mulia Dato Paduka Haji Roselan bin Haji Mahmud Daud, dan beberapa staf. (puspen/r4)