Setya Novanto Diperiksa MKD di KPK Terkait Pelanggaran Kode Etik

Setya Novanto saat berada di KPK.

Jakarta, (DOC) – Majelis Kehormatan Dewan (MKD) DPR memeriksa Setya Novanto terkait dugaan pelanggaran kode etik di gedung Komisi Pemberantasan korupsi (KPK), Kamis (30/11/2017).

Pimpinan dan anggota MKD tiba di gedung KPK sekira pukul 10.15 WIB, Mereka yang datang yakni anggota MKD Maman Imanulhaq, Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding dan Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad.

Pemeriksaan MKD ini dilakukan dalam rangka verifikasi dugaan pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto.

“Hari ini kita sudah melakukan verifikasi dan pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto. Lalu kemudian beberapa pertanyaan dalam rangka verifikasi yang kita tanyakan, beberapa hal Ketua DPR yang disampaikan kepada kita. Pertanyaan dijawab,” kata Sufmi Dasco Ahmad.

Pemeriksaan yang dimulai sekitar pukul 10.20 WIB itu selesai sekitar pukul 11.50 WIB. Hasil verifikasi ini disebut Dasco masih harus dimintakan konfirmasi kepada beberapa pihak terkait. Nantinya konfirmasi ke beberapa pihak akan ditanyakan kembali kepada Novanto.

“Kami harus melakukan konfirmasi ke beberapa pihak. Dan hasil konfirmasi itu akan konfirmasi ke sini. Sehingga ada pemeriksaan susulan akan kita lakukan,” ujarnya.

Pemeriksaan hari ini, dikatakan Dasco, terbatas hanya 2 jam. “Karena penjadwalan hanya sampai jam 12. Karena ada penjadwalan jam kunjungan, dan ada jadwal pemeriksaan dari KPK. Kami dari pihak MKD menyelesaikan agenda kami sampai jam 12,” tutur dia.

Pemeriksaan Novanto juga tidak didampingi pengacaranya, Fredrich Yunadi. Ketika MKD mulai memeriksa, Fredrich kembali menunggu di ruang tunggu KPK hingga MKD turun.

Dasco, yang juga didampingi oleh anggota MKD Maman Imanulhaq dan Wakil Ketua MKD Sarifuddin Sudding, kemudian segera beranjak dari KPK. Mereka kembali menuju ke DPR.(dtc/ziz)