Sewa Tanah Surat Ijo Yang Nunggak Diputihkan

Tidak ada komentar 155 views

Surabaya (DOC)- Penunggak sewa tanah surat ijo barangkali bisa bergembira. Pasalnya, Pemkot Surabaya berencana memutihkan tunggakan pembayaran tanah surat ijo (Surat Ijin Pemakaian Tanah).

Ketua pansus Raperda Pengelolaan Barang Milik Daerah DPRD Surabaya Baktiono,ketika dihubungi, Sabtu (13/10) mengungkapkan, dalam pembahasan raperda yang didalamnya mengatur retribusi tanah surat ijo,  pihaknya mengusulkan pemutihan. Itu dilakulan untuk mendorong masyarakat yang menunggak sewa tanah surat ijo memenuhi kewajibannya kembali  membayar sewa. Pasalnya, menurut ketua Komisi D DPRD Surabaya ini, jumlah penunggak cukup besar.

“Yang menunggak sekitar 70 persen. Dan itu berlangsung sejak tahun 2003″ jelasnya.

Namun, ia belum bisa mematikan berapa jumlah penurunan PAD akibat aksi boikot warga menolak membayar sewa. Aksi penolakan  dipicu tuntutan warga agar pemkot Surabaya menyerahkan tanah surat ijo karena puluhan tahun telah mereka tempati. Selain melakukan boikot, mereka juga melayangkan gugatan hukum.

Namun menurut Baktiono beberapakali gugatan warga kandas.”Di Pengadilan Negeri Surabaya dan Pengadilan Tinggi Jawa Timur  mereka kalah. Tapi kemudian melayangkan kasasi ke MA” kata Bendahara DPC PDIP Surabaya.
Baktiono yakin, upaya hukum yang ditempuh warga gagal, karena dua gugatan sebelumnya tak membuahkan hasil.  Ia menambahkan, dalam raperda pengelolaan barang milik daerah, pemkot Surabaya akan memberikan kelonggaran, sebagai upaya sosialisasi pembayaran sewa surat ijo.

“Setelah raperda disahkan. Sekitar 1 – 2 tahun waktu untuk sosilisasi” terangnya. Selama ini
sewa yang dikenakan kepada pemegang Surat Ijo beragam. Nilainya bergantung pada areal yang ditempati.”Besarnya sewa tergantung pada luas tanah dan kelas jalan.” Urainya.

Baktiono menegaskan, tidak semua penunggak akan diputihkan. Sewa yang diputihkan hanya berlaku untuk kawasan perumahan.”Perumahan bisa diputihkan. Tempat bisnis, seperti mall, hotel yang nunggak tetap bayar” sambungnya.

Pemutihan sewa tanah surat ijo yang direncanakan Pemkot Surabaya terinspirasi kebijakan Pemprov Jatim yang memutihkan para penunggak pajak kendaraan bermotor (PKB). (K-4/R9)