Siapkan Paket Tahun Baru Bagi Eksodus Wisatawan Bali

Surabaya, (DOC) – Peristiwa erupsinya Gunung Agung di Bali membuat beberapa wisatawan mengalihkan destinasi wisatanya ke daerah lain. Beberapa hotel di Surabaya telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kunjungan wisatawan ini di Kota Pahlawan. Sejumlah paket menarik juga disiapkan manajemen hotel.

Sebagian wisatawan lokal maupun asing yang sudah berada di Bali sempat terlokalisir lantaran ditutupnya jalur penerbangan dalam waktu lama. Namun, beberapa wisatawan lainnya diprediksi akan mengalihkan destinasi, seperti ke Malang, Banyuwangi ataupun Surabaya.

Manajemen Artotel Surabaya menjadi salah satu hotel yang sudah mempersiapkan bertambahnya kunjungan tamu. “Peluang meningkatnya okupansi sekitar 20-30 persen karena mungkin Surabaya dan Malang menjadi next destination saat Bali sedang terganggu erupsi. Kalau total okupansi akhir tahun kita perkirakan lebih dari 90 persen,” ujar Manager Artotel Surabaya Dedy Santoso.

Menurutnya, Artotel Surabaya telah menambah kebutuhan infrastruktur layanan hotel termasuk menyediakan paket natal dan tahun baru dengan harga terjangkau.

Dedy mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan tim dan merancang promosi dengan lebih gencar. “Sejak lima hari terakhir kita prepare tim manajemen. Dampak (erupsi) pasti akan ada. Promosi kita gencarkan tapi kita juga tambah infrastruktur dalam hotel seperti makanan, serta kamar,” ujar Dedy.

Meski demikian, lanjut Dedy, Artotel tidak akan menaikkan rate harga room untuk pengunjung kendati okupansi diperkirakan bakal naik hingga 30 persen di awal Desember ini. “Mengantisipasi erupsi ini kita tidak mau asal mengambil keuntungan. Kita sebisa mungkin okupansi tetap penuh tapi tidak kita naikkan harganya,” ujar pria asal Kota Malang ini.

Mantan Manager Artotel Beach Club Sanur Bali ini mengatakan, pihaknya menyediakan dua paket menarik akhir tahun, yakni paket natal dan paket tahun baru. Selain rate harga hotel reguler, paket akhir tahun menyediakan promo Buffet dan hiburan lainnya.

“Promosi akhir tahun ini kami ada package menarik. Kalau biasanya kan kesannya masyarakat ituĀ paket tahun baru di mana-mana mahal. Nah kita ubah kesan itu. Konsep murah tapi bukan murahan akan kami siapkan,” ujar Dedy.

Selain promo room dan buffet, Artotel bakal menyediakan hiburan khusus tahun baru 2018. Jenis hiburan juga bisa dinikmati semua kalangan umur pengunjung, di antaranya yakni Marathon DJ dan Night Zumba. “Sekitar satu jam menjelang countdown, kami perkirakan akan ada 200 peserta yang akan zumba bareng,” tandasnya. (Ps)