Sikap Over Acting Wali Kota, Picu Kritikan

Tidak ada komentar 140 views

Surabaya, (DOC) – Walau sering mendapat saran dan sorotan dari DPRD Kota Surabaya agar  Wali Kota Tri Rismaharini lebih fokus pada tugasnya, namun orang nomor satu di Surabaya ini terkesan tutup kuping. Risma sapaan akrab wali kota, justru sikapnya over acting turun ke jalan, entah itu mengatur lalu lintas ataupun mengatur masalah banjir.

Seperti saat libur tahun baru, Risma terlihat sibuk mengatur lalu lintas di kawasan KBS. Padahal saat itu anggota Satlantas Polrestabes Surabaya sudah mengantisipasi kemacetan tersebut.

Sorotan sikap over acting itu dikritik tajam oleh anggota dewan. Mereka meminta agar wali kota lebih fokus memantau pekerjaan anak buahnya yang terkesan lambat dan mengalami ketidakberesan dalam melaksanakan program yang sudah direncanakan. Bagi anggota dewan, urusan lalu lintas itu serahkan saja kepada ahlinya, yakni Satlantas, bukan harus turun sendiri seperti Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mengatur pintu masuk tol di Jakarta.

Bahkan ada tudingan, wali kota Surabaya ini ingin meniru gaya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang turun langsung sejak dirinya terpilih dan dilantik sebagai pejabat negara.

“Sebaiknya atur saja seluruh SKPD di Pemkot Surabaya agar kerjanya tidak kendur dan serapan anggarannya juga tinggi,” kata Adies Kadir dari Fraksi Golkar. (r4)