D-ONENEWS.COM

Simulasi Coblosan Dengan Jalan Sehat

kpuSurabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar simulasi pemungutan suara di lantai 3 kantor KPU, Jl Adityawarman 87, Surabaya, Minggu (8/11/2015). Simulasi ini ditujukan untuk para Panitia Pemilihan tingkat Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan.

“Mengingat hari pemungutan suara sudah sebulan lagi, simulasi ini menjadi penting agar para panitia pemungutan suara di tingkat kelurahan dan kecamatan benar-benar siap secara teknis dalam melakukan bimtek kepada KPPS.  Sengaja simulasi ini di desain mulai dari persiapan, pemungutan sampai penghitungan, sehingga bisa memberikan gambaran terhadap tugas masing2 kpps dan petugas keamanan apa saja yang perlu dilakukan dan boleh dilakukan” kata Nurul Amalia anggota KPU Surabaya,

Selain mengundang PPK dan PPS, simulasi tersebut juga menghadirkan para calon pemilih yang menyandang disabilitas. Mereka turut diundang untuk mengetahui cara mencoblos lembar surat suara yang dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Surabaya tahun 2015 ini dilengkapi dengan braille.

“Dengan demikian kami juga berharap agar para penyandang disabilitas yang memiliki hak suara tidak mengalami kesulitan pada tanggal 9 Desember nanti. Selain itu, kami juga ingin memastikan bahwa panitia pemungutan suara tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu pemilih yang menyandang disabilitas,” lanjutnya.

Sementara itu, pagi sebelumnya KPU Surabaya juga menggelar jalan sehat yang dimulai dari kantor KPU Surabaya pada pukul 05.30 WIB. Jalan sehat yang diikuti ribuan peserta ini “Kalau sosialisasi tatap muka sudah sering kami lakukan, termasuk yang terakhir kali kami lakukan adalah sosialisasi kepada para pemilih pemula tingkat SMA dan sederajat. Sedangkan jalan sehat ini juga merupakan bentuk sosialisasi yang kami harap bisa mempunyai efek yang lebih besar kepada masyarakat. Kami berharap masyarakat nanti menggunakan hak suaranya pada tanggal 9 Desember,” tutur Miftakul Ghufron anggota KPU divisi logistik dan perencanaan.

Meski rute yang dilalui dalam jalan sehat itu sendiri tidak terlalu panjang, KPU Surabaya merasa puas karena antusiasme peserta cukup tinggi. Dalam kegiatan tersebut, ribuan peserta turut hadir dan meramaikan kegiatan, termasuk di antaranya para anggota PPK dan PPS.  “Kami juga memberikan doorprize menarik kepada para peserta,” pungkasnya.(McK/r7)

Loading...