SKPD Pemkot Anggarkan Pawang Hujan di RAPBD

Tidak ada komentar 416 views

Surabaya, (DOC) – Sejumlah anggota DPRD Surabaya menemukan keanehan dalam penganggaran di RAPBD 2015 Kota Surabaya. Anggaran yang lucu itu adalah anggaran pawang hujan yang terdapat di beberapa SKPD.
Anggaran itu dipatok Rp 5 juta untuk setiap pawang hujan dalam satu kegiatan. Anggaran itu ditemukan di Dinas Pendidikan Surabaya. Bahkan kabarnya, anggaran serupa juga ada di Dispora Surabaya serta Bagian Protokoler dan Umum Surabaya.
Anggota Komisi D Baktiono mengaku heran dengan pengalokasian untuk pawang hujan. Bagi dia, Dinas Pendidikan tak rasional menganggarkan hal itu.
“Untuk total anggarannya saya tidak tahu. Nanti akan saya cari berepa jumlah kegiatan yang menggunakan pawang hujan,” janji Baktiono.
Sementara anggota lainnya, Junaedi menyoroti besarnya dana untuk pawang hujan yang mengalahkan dana mengundang pakar seperti profesor atau doktor. Untuk pakar seperti itu, nilainya berkisar antara Rp 1,5 juta – Rp 3 juta.
“Pawang hujan ini ada tidak sertifikasinya atau tidak,” sesal Junaedi.
Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan mengaku kalau anggaran itu tak saja ada di SKPD-nya. Anggaran sejenis juga dianggarkan SKPD yang lain. (k1/r4)