Soekamto Cs Mulai Jalani Hukuman di Lapas Porong

Tidak ada komentar 233 views

Surabaya (DOC) – Tiga terpidana korupsi dana jasa pungut (japung) Pemkot Surabaya senilai Rp 720 juta, yakni Sekkota Soekamto Hadi, mantan Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Purwito dan Asisten II Sekkota Muhlas Udin yang menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Senin (4/3), hari ini mulai menjalani hukuman di Lapas Porong.

Ketiga terpidana ini menyerahkan diri usai majelis hakim PN Surabaya yang diketuai Unggul Ahmadi memutuskan mengirim pengajuan PK ke Mahkamah Agung (MA).

“Klien kami bukan dieksekusi tapi menyerahkan diri sebagai bentuk sikap kooperatif guna menjalani putusan MA,” ujar kuasa hukum Sukamto Cs, George Handywiyanto.

Sukamto cs kemudian langsung dibawa ke lapas Porong berkumpul dengan Musyafak Rouf yang juga menjadi terpidana dalam kasus ini.

Sukamto Cs mungkin merasa lega setelah upaya PK diputuskan dikirim ke MA oleh Majelis hakim PN Surabaya yang diketuai Unggul Ahmadi.

Dalam pertimbangan putusan hakim Unggul disebutkan bahwa pengajuan PK yang diajukan Sukamto Cs telah memenuhi syarat administrasi yakni adanya Novum, kedatangan para pemohon PK.

Dengan demmikian, MA yang nantinya akan memutuskan apakah PK ini dikabulkan atau ditolak, hal tersebut ditegaskan kuasa hukum para pemohon PK, Zainudin usai menjalani sidang di ruang Cakra PN Surabaya.

Zainudin berharap, pihak Kejaksaan tetap menunda pelaksanaan eksekusi. Sebab, apabila PK tersebut dikabulkan maka tidak ada yang bisa mengganti kerugian para terpidana yang mendekam dalam tahanan.

“Kalau tetap dieksekusi, buat apa diberi kesempatan untuk PK,” ujar Zainudin usai sidang PK.

Diberitakan sebelumnya, Sukamto cs akan menjalani pidana penjara 1,5 tahun dan denda Rp 50 juta subsidair lima bulan kurungan dalam perkara gratifikasi Japung Rp 720 juta, setelah MA mengabulkan kasasi jaksa 2011 lalu. Tiga pejabat Pemkot Surabaya itu akan menyusul Musyafak Rouf, mantan Wakil Ketua DPRD Surabaya, yang lebih dulu masuk penjara dalam kasus sama. (jat/r3)