Soekarwo- Khofifah- Untung S Rajab Masuk Radar Golkar

 Politik

Surabaya (DOC) – Partai Golkar tampaknya tidak mau terburu-buru memunculkan nama calon gubernur (cagub) pada Pilgub 2013 nanti.  Mereka masih menghimpun dan mematangkan nama-nama calon. Meski demikian, menurut Wakil Ketua DPP Partai Golkar, Drs H. Priyo Budi Santoso, ada  enam calon yang kini masuk radar Golkar.

Keenam nama yang kini tengah disurvei  itu adalah Soekarwo (incumbent/Ketua DPD Partai Demokrat Jatim), Khofifah Indar Parawansa (Ketua Umum  PP Muslimat NU),  Untung S Rajab ( Mantan Kapolda Jatim), Saifullah Yusuf (incumbent/mantan ketua PP GP Ansor), serta kader Golkar, Martono (Ketua DPD Partai Golkar Jatim), dan Gesang Budiarso (Sekretaris DPD Partai Golkar Jatim).

“Nama-nama itu terus kita matangkan. Istilahnya kami masih mengelus-elus jago,”ujarnya di sela pelepasan kirab sepeda  dalam rangka peringatan ulang tahun Partai Golkar di halaman kantor DPD  Golkar Surabaya ,  Rabu (10/10) siang.

Menurut Priyo,  partainya  tidak hanya melihat salah satusaja,  tapi semua nama disurvei. Dan keenam tokoh tersebut masuk dalam radar Partai Golkar.  Priyo yang juga Wakil Ketua DPR-RI ini  menegaskan, jika Partai Golkar belum menentukan siapa figur yang akan diusung. Namun ia menegaskan, bahwa figur yang akan dipilih akan ditentukan dari beberapa kriteria. Yakni, calon yang diusung harus sosok yang berkaliber, memiliki elektabilitas tinggi dan berpikiran matang, serta berpotensi menang. “Nama-nama calon itu masih kita survey,” tandasnya.

Kapan finalisasi (penentuan) cagub-cawagub yang diusung Partai Golkar , ia menegaskan, nanti pada saatnya akan diumumkan. Selain berpatokan pada hasil survey, keputusan akan diambil berdasar kriteria yang sudah ditentukan.

Diakui politisi muda ini, ada beberapa opsi yang nantinya menjadi pilihan  Partai Golkar untuk Pilgub 2013, yakni mengusung kader sendiri, tokoh Jatim atau nasional  berkaliber dan berpotensi menang, atau  koalisi dengan partai politik (parpol) lain. Semua masih dimatangkan.

Ditanya apa Partai Golkar mengusung cagub atu memilih cawagub? Priyo menegaskan, partainya masih menimbang-nimbang semua. Karena disadari pemilihan kepala daerah di Jawa memiliki karakter unik.  Jika di luar Jawa, Partai Golkar pasti mengusung kader terbaik untuk cagub. Namun untuk Jawa harus memikirkan secara matang. “Kalau di sini masih kami timbang apakah tokohnya dari infrastuktur (internal) partai, ataukah bergandengan dengan calon lain yang platform partai dan visi misinya sama dengan Partai Golkar. Opsi itu masih sangat terbuka. Yang jelas, semua calon masih kita survey, dan yang tinggi siapa,” tandasnya. (R-12)