Sosialisasi Pemilu, 171 KPUD Gelar Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018

Foto : Gerak Jalan Sadar Pemilihan Serentak 2018, di KPU Jatim

Surabaya,(DOC) – Sosialisasi pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilu Legislative 2019, sudah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum(KPU) RI, dengan menggelar gerak jalan sadar pemilihan 2018.

Acara ini diselenggarakan secara serentak di 171 wilayah di Indonesia termasuk di KPU Jawa Timur, Minggu(29/10/2017).

Ketua KPU RI, Arif Budiman, saat mengikuti gerak jalan di KPU Jatim, menyatakan, sosialisasi ini bukan hanya untuk memberitahukan soal pelaksanaan pemilu, tapi juga soal bagaimana cara menggunakan hak pilihnya.
“Aspek penting dalam Pemilu itu, bagaiman cara mengambil hak suaranya. Pemilih harus terdaftar sebagai pemilih tetap sampai pencoblosan kepada calon yang akan di pilih baik legeslative maupun presiden dan wakil presiden,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan Pilkada serentak pada Juni 2018 mendatang, lanjut Arif, KPU di masing-masing daerah sudah membentuk relawan-relawan untuk melakukan sosialisasi hingga ditingkat keluarga.

Menurut Arif, target partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak, yaitu sekitar 77,5 persen dan Jawa timur diharapkan bisa memenuhi target nasional tersebut.

“Waktu yang masih lama ini, bisa digunakan untuk sosialisasi Pilkada ke masyarakat dan gerak jalan ini adalah salah satunya. Disamping itu KPU sudah membentuk tim relawan bahkan saat pembagian form C1, petugas PPS dan PPK juga akan melakukan sosialisasi secara personal,” pungkasnya.(rob/r7)