Spesialis Pembobol Minimarket Dibekuk Polisi, 4 Pelaku Ditembak dan Seorang Tewas

foto : mobil pelaku yang penuh dengan barang curian

Tangerang,(DOC) – Pelaku pencurian dengan kekerasan yang tengah membobol sebuah minimarket Indomart di Pondok Cabe VI, jalan Terbang Layang RT-005/002 kelurahan Pondok Cabe, kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan, berhasil dilumpuhkan oleh aparat kepolisian yang tergabung dalam tim Vipers, Rabu(15/11/2017) sekitar pukul 04.00 Wib.

Tim Vipers yang dipimpin oleh Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Fadli Widiyanto, menembak pelaku hingga tewas.

“Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 dan arau 365 KUHPidana, LP No. : 508/K/XI/2017/Sek Pam tanggal 15  Nopember  2017 pelakunya Jonni Hutahean (34) warga Sidingkalang Sumut,” kataKapolrest dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Fadli, pelaku tewas karena tertembak pada bagian dada dan berada di instalasi jenazah RS Polri Kramat Jati.

Selain menembak Jonni, tim Vipers juga menembak pelaku lainnya yaitu Parulian Pane(37) warga Curug, Tangerang yang mendapat luka tembak di leher sebelah kiri, Jabuan Saragih Sigalingging(35) warga Kebon Jeruk, Jakarta barat, luka tembak di paha sebelah kanan dan Patur Manullang(37) warga Curug, Tangerang yang sempat kabur ke rumah warga.

Ia menambahkan, Pelaku yang mendapat luka tembak tersebut, kini kesemuanya tengah dirawat di RS Polri Kramat Jati.

“Saksi-saksi yaitu Aiptu Rakhmad kurniadi, Aipda Sunarno, Bripka Ali Saputra, Bripka Aries Moertondo dan Amelia Agustin. Barang bukti yang kami sita yakni satu unit mobil Daihatsu Xenia B-1437-SYM, dua buah linggis, dua pucuk senjata tajam, satu buah rantai, dua buah gembok dalam keadaan rusak, satu unit decoder CCTV, ratusan bungkus karton susu beragam merk, puluhan bungkus rokok beragam merk dan kosmetik beragam merk,” ungkapnya.

Penangkapan ini berawal dari petugas kepolisian yang berpatroli dengan menggunakan mobil disekitar TKP pada pukul 03.30 WIB, Rabu(15/11/2017). Saat itu petugas melihat mobil Daihatsu Xenia B-1437-SYM diparkir di depan Indomaret.

Ketika diperiksa, polisi melihat para pelaku yang sudah membawa barang – barang dari toko secara estafet untuk dipindah ke mobil Xenia tersebut.

Melihat kejadian itu, personel tim Vipers sempat memberikan tembakan peringatan 2 kali yang mengarah ke atas. Namun tiga orang pelaku menyerang petugas dengan menggunakan senjata tajam sehingga upaya tegas terukur dikeluarkan. Polisi meletuskan senjata ke masing – masing pelaku yang mengenai bagian leher sebelah kiri, dada dan kaki. Kemudian petugas mengejar seorang pelaku yang tertangkap saat bersembunyi diatap rumah warga.

Kerugian material diperkirakan sekitar Rp50 juta dan pelaku tercatat sudah melakukan aksinya sebanyak tiga belas kali sepanjang tahun 2017. Target sasarannya yaitu minimarket diwilayah Tangerang Raya.(ut/wat)