Stadion GBT Siap Menjadi Tuan Rumah Piala Presiden, Hasil Sidak Ketua Panpel Untuk Persebaya

Foto : Ketua Panpel Persebaya Piala Presiden Sidak GBT soal lahan parkir

Surabaya,(DOC) – Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya dipastikan akan menjadi venue salah satu turnamen sepak bola Piala Presiden 2018.

Kepastian ini disampaikan oleh Whisnu Sakti Buana, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Persebaya untuk piala Presiden, saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke stadion GBT, Minggu(14/1/2018) siang.

Dalam Sidak tersebut, hadir juga Ketua DPRD kota Surabaya, Armuji dan sejumlah anggota DPRD lainnya yang di damping oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Afgani.

“Pembukaan Piala Presiden 2018 nanti akan di gelar di Stadion Bandung Lautan Api oleh Presiden Jokowi(Joko Widodo,red). Persebaya akan menjadi salah satu tuan rumah untuk pertandingan di GBT, “ ungkap Whisnu yang juga Wakil Wali kota Surabaya, disela Sidaknya untuk memantau persiapan Persebaya sebagai tuan rumah.

Whisnu menambahkan, dari hasil Sidak nya, stadion GBT dianggap siap menjadi tuan rumah Piala Persiden 2018 yang rencananya dilaksanakan pada 18 Januari mendatang.

”Seluruh panitia dan venue sudah siap, termasuk lahan parkir untuk motor dan akses jalan masuk menuju lokasi pertandingan. Mudah-mudahan saja nanti Persebaya sampai ke final jadi sehingga ada kemungkinan penutupan bisa dilakukan di Surabaya, nanti kita udang,” tandasnya.

Khusus parkir kendaraan bermotor, lanjut Whisnu, pihaknya sudah menyiapkan 4 titik di kawasan stadion yang bisa menampung 11 ribu lebih mobil dan sepeda motor. Ditambah lagi sejumlah titik parkir di luar area stadion yang dikelola warga.
Ia menjelaskan, dengan kapasitas tampung stadion GBT sebesar 55 ribu penonton, diperkirakan jumlah kendaraan yang akan menempati lahan parkir akan membludak. Estimasinya sekitar 28 ribu motor yang parkir dan perlu penataan serius saat pertandingan berlangsung.

”Soal tarif normal sesuai aturan dishub ini untuk parkir yang di dalam kawasan stadion, tapi untuk parkir tumpahan yang dikelola warga tarifnya tergantung pengelola parkir sendiri,” katanya.

Selain parkir, sidak juga menyoroti masalah akses jalan masuk dan keluar ke lokasi stadion. Wisnu mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa akses jalan untuk mendukung acara tersebut. ”Ke depan stadion akan diapit dua jalan besar, mudah-mudahan ini bisa terlaksana,” katanya.
Piala Presiden sendiri akan dibuka di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 16 Januari. Turnamen ini direncanakan rampung pada 17 Februari dengan Stadion Gelora Bung Karno bakal jadi venue laga final.
Beberapa kota yang dipercaya menjadi tuan rumah antara lain Bandung (Stadion GBLA), Balikpapan (Stadion Batakan), Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo), Gianyar (Stadion Kapten I Wayan Dipta), dan Malang (Stadion Kanjuruhan).
Fase grup akan berlangsung hingga 30 Januari, dan babak perempat-final akan digeber dalam dua hari, 3-4 Februari, di Stadion Manahan Solo. Untuk semi-final, 10-13 Februari.(r7)