Stok Beras Jatim Dipastikan Aman

Tidak ada komentar 38 views

Surabaya, (DOC) — Berada di tengah terpaan isu beras yang mahal, stok beras di Jawa Timur saat ini dipastikan  dalam kondisi aman. Bahkan stok yang melimpah akan disalurkan ke daerah di luar Jatim demi mencegah kelangkaan.

Hal itu diutarakan Gubernur Jatim, Soekarwo. Pakde Karwo–sapaan akrabnya meminta agar masyarakat tidak perlu panik. “Saya bisa pastikan aman. Akhir tahun kemarin beras Jatim masih  surplus 200 ribu ton. Jadi, masyarakat tidak perlu panik.” tegas Soekarwo, usai menggelar rapat di gedung Bapeda Jawa Timur, (17/1/2018).

Soekarwo mengungkapkan secara rinci, yakni untuk bulan Januari 2018 sendiri, Jatim bisa memproduksi sebanyak 295 ribu ton. Sementara kebutuhan  konsumsi mencapai  297 ribu ton, sehingga minus 2 ribu ton.

Tetapi, pada Februari 2018,  Jatim akan panen Februari 990 ribu ton dan bulan Maret  akan panen 1,7 juta ton. Disinggung tentang kenaikan harga beras di pasaran, Soekarwo, menjelaskan hal itu terjadi  sesuai dengan hukum ekonomi ‘supply and demand’.

“Karena harga beras di Jatim lebih murah, maka beras akan ditarik oleh daerah di luar Jatim yang minus,” kata Soekarwo.

Dengan ditariknya beras ke luar Jawa Timur, maka stok memang berkurang. Tetapi, lanjut Soekarwo, Jawa Timur tidak akan kekuarangan beras. (nps)