Stok Darah PMI Aman Selama Ramadhan

Tidak ada komentar 121 views

Surabaya,(DOC) – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di bulan Ramadhan. Stock darah di Palang Merah Indonesia(PMI) cabang Surabaya, hingga memasuki bulan ramadhan, masih mencukupi.
Berbagai program jemput bola yang dilakukan PMI untuk menjaring pendonor selama ini, nampaknya cukup effektif menghindari masa kritis habisnya stock darah di bulan Ramadhan.
“Upaya jemput bola ini, yaitu berupa memberi hadiah sembako 100 paket setiap hari selama bulan puasa di bus Transfusi Darah PMI Taman Bungkul dan Poliklinik Kesehatan Taman Mundu,Tambaksari mulai jam 09.00 sampai 21.00,” jelas Agung Tri Jutanto, Humas PMI Cab Surabaya, Kamis(18/7/2013).
Agung menambahkan, meski stock tersedia, namun PMI akan tetap berupaya menjaga jumlah stok darah hingga arus mudik lebaran usai. Mengingat pasca lebaran permintaan darah, selalu meningkat akibat angka kecelakaan biasanya juga meningkat.
“Selain di Taman Bungkul dan Tambaksari, mobil unit PMI, juga berkeliling di masjid-masjid seusai tarawih, sekaligus mendatangi gereja pada hari minggu guna menjaring pendonor yang tidak sempat datang ke cabang PMI Surabaya,” tambah Agung.
Menurutnya, sampai hari ketujuh Ramadhan, Selasa (16/7/2013) lusa, stock darah masih tersedia 2.314 kantong. Dengan demikian, jumlah rata rata pendonor setiap hari, kurang lebih sekitar 330 orang. Jika dibanding hari normal, jumlah pendonor ini, selisihnya tidak jauh berbeda.
“Hari biasa rata rata mencapai 350- 400 pendonor, sebenarnya selisihnya tidak jauh berbeda, ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk berbagi setetes darah semakin meningkat dengan tidak memandang Suku, Ras, maupun kepentingan kepentingan lain. Selain itu juga pendonor lama yang pasif, sekarang mulai tergugah untuk donor,” jelasnya. (yen/r7)