Sukarwo Kabulkan Tuntutan, Buruh Akhirnya Bubar

Tidak ada komentar 151 views

Surabaya,(DOC) – Ribuan buruh dari berbagai elemen se jawa timur, nekat bertahan untuk melakukan aksi unjukrasa di depan gedung Negara Grahadi Surabaya hingga petang, jam, 18.00 WIB, Kamis(31/10/2013). Semula para buruh berencana menduduki jalan Gubernur Suryo, dan bermalam di depan gedung negara Grahadi.

Sekitar jam 16.45 Wib sore tadi, perwakilan para buruh diterima oleh Gubernur Jawa Timur, Sukarwo. Dalam dialog tersebut, sebagaian permintaan para buruh akan dikabulkan, seperti penghapusan sistem outsourcing, jaminan ketenaga kerjaan dan kenaikan Upah minimum regional(UMR) 2014 sebesar Rp3 Juta.

Hal ini, disampaikan oleh Jamaludin Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jawa Timur disela aksinya didepan gedung Grahadi. “Permintaan para buruh soal outsourcing dan asuransi ketenagakerjaan dikabulkan. UMR 3 juta mengarah kesana,” jelas Jamaludin.

Mendengar pernyataan Gubernur Jawa Timur, sebagian buruh masih belum merasa puas karena jawaban Gubernur sangat diplomatis. “tadi sebagian teman-teman buruh tidak mau pulang dan tetap bertahan di Grahadi untuk melakukan aksi. Sekarang saya tengah membujuk mereka agar mau balik,” katanya.

Buruh yang ingin tetap bertahan dii gedung negara Grahadi yaitu buruh asal Gresik. Namun setelah dijelaskan akhirnya semua buruh bersedia kembali ke tempat asalnya.(r7)