Sultan Dilantik, PKL Malioboro Libur

Tidak ada komentar 175 views

Kondisi Jl Malioboro yang sepi pedagang saat pelantikan Sultan dan Paku Alam berlangsung.

Jogjakarta (DOC) – Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur dan Paku Alam IX sebagai Wakil Gubernur Daerah Istimewa Jogjarakta sekitar pukul 09.00 WIB, kemarin (10/10). Selama pelantikan yang dilangsungkan di di Gedung Agung, Istana Nagara, lebih dari 2.000 pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Malioboro meliburkan diri.

“PKL libur karena ada pelantikan Sultan dan Paku Alam, pelantikan sekaligus syukuran peringatan ulang tahun kota Yogya yang ke-256,” kata Rudianto, Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro, Jogjakarta.

Sebelumnya, pedagang melakukan kegiatan bersih-bersih di Malioboro. Selain pedagang, para juru parkir menyambut pelantikan dengan cara mengenakan busana tradisional Jawa selama satu hari.

Sementara dalam sambutan singkatnya, Presiden mengucapkan selamat Sultan dan Paku Alam sebagai kepada Kepala Daerah Provinsi DIY. “Semoga dapat menunaikan kewajiban dengan penuh tanggungjawab,” ungkapnya.

Menurut Presiden, Keistimewaan Jogjakarta tidak lepas dari nilai historis. Dimana, urainya, Jogjakarta pernah menjadi Ibu Kota negara pada awal kemerdekaan. “Status keistimewaan bagian proses berdirinya NKRI,” katanya.(r3/sm/miol)