Surabaya Belum Terbebas Dari Banjir

Tidak ada komentar 139 views

Surabaya, (DOC) – Hujan yang mengguyur Surabaya pada Sabtu(26/01/2013) sore, membuat jalan jalan protokol tergenang oleh air banjir.
Dari pantaun d-onenews.com, beberapa ruas jalan yang tergenangi air, diantaranya Jl. Panglima Sudirman, Kartini, Indragiri, Basuki Rahmat, dan Kupang Indah hingga Darmo Satelite. Ketinggian air rata-rata 30 – 50 sentimeter(cm).
Genangan air banjir ini otomatis membuat arus lalu lintas mengalami kemacetan dan merayap, seperti di Jl. Kartini. Tidak sedikit pengguna motor dan mobil yang terpaksa memutar arah, mencari jalan alternatife guna menghindari banjir.
“saya diberitahu anak-anak yang tengah bermain hujan di sekitar jalan Kartini, bahwa banjir sudah setinggi lutut. Jadi terpaksa harus memutar ke jalan WR. Soepratman lalu menuju ke jalan Dr. Soetomo. Untungnya disitu genangan air masih bisa dilewati kendaraan,”ujar Oliv, salah pengendara mobil, yang mengaku tinggal di daerah Darmo Permai.
Selain Jl. Kartini, kawasan banjir yang termasuk parah, yaitu di Raya Darmo Satelit Surabaya barat. Genangan air banjir yang mencapai 40 cm lebih, membuat sejumlah pengendara motor harus menuntun kendaraannya, akibat mogok.
“Gak tahu, tiba-tiba motorku mati, pas nglewati air banjir, aku starter gak mau hidup-hidup, ya aku tuntun aja. Kebetulan rumah saya sudah dekat,” jelas Agus, salah satu pengendara motor di Raya Darmo Satelit.
Memang tidak separah Jakarta. Air banjir yang menggenangi beberapa jalan protokol Surabaya, masih dapat di lewati oleh kendaraan. Namun “Ya kita masih bersyukurlah, banjir disini tidak seperti Jakarta,”cetus Agus.
Sementara itu, waktu terpisah, Jumat(25/01/2013) malam, Intensitas hujan yang beberapa hari ini cukup tinggi mengguyur kota Surabaya, nampaknya membuat banjir kawasan pemukiman warga Rungkut. Sebagian rumah warga juga terendam air banjir, meski air hanya setinggi 5-10 cm saja.(R7)