Surabaya Mendapat Predikat Kota Terkaya se-Indonesia

Jakarta,(DOC) – Warga kota Surabaya patut berbangga diri, karena kota Pahlwan ini, mendapat predikat Kota Terkaya 2014 di Indonesia. Predikat tersebut disematkan majalah Warta Ekonomi edisi 7 April 2014.
Surabaya berada pada urutan pertama dari 50 kota dan kabupaten se-Indonesia. Surabaya telah mengalahkan Kabupaten Kutai Kartanegara yang sering digadang-gadang sebagai kabupaten/kota terkaya di Indonesia.
Pemilihan 50 kota terkaya tersebut didasarkan atas pendapatan perkapita di atas Rp 2 triliun. Dalam daftar hasil riset tersebut, peringkat 10 teratas didominasi kabupaten/kota di luar Jawa. Majalah tersebut berasumsi kebijakan pemerintah yang mendorong pusat pertumbuhan di luar Jawa.
Riset Warta Ekonomi menyebutkan, Surabaya mendapat angka 3.000 dari indeks Daya Tarik Investasi (20 persen), 4.000 untuk indeks Pendukung Infrastruktur (10 persen), 4.500 indeks Kualitas Masyarakat (10 persen), dan 5.000 indeks Ekonomi daerah (60 persen).
Perangkingan itu menggunakan metode skoring skala 1 sampai 5 dan pembobotan masing-masing variabel. Semua variabel memperoleh pembobotan proporsional. Data yang digunakan adalah basis data kompilasi dari BPS dan Kementerian Keuangan periode 2011 hingga 2013.
Terpisah, Sekkota Surabaya Hendro Gunawan mengaku senang dengan predikat tersebut. Ini menunjukan kemampuan kota ini sudah didukung seluruh rakyatnya.(co/r7)