Surabaya Targetkan Jalur Trem Terwujud 2013

Tidak ada komentar 238 views

Trem seperti inikah yang dibutuhkan Surabaya?

Surabaya, (DOC) – Rencana Pemkot Surabaya untuk mengadakan moda transportasi massal yang baru, yakni trem bakal segera direalisasikan. Saat ini studi kelayakan terkait pembangunan stasiunnya sudah berjalan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan, saat ini tengah dikaji pembangunan sejumlah stasiun untuk trem itu. Salah satunya di sisi terminal Joyoboyo. Risma menyatakan, studi kelayakan untuk trem itu kini sedang berlangsung dan ditargetkan pertengahan 2013 sudah bisa dilakukan pembangunan fisik untuk jalur keretanya.

Berbeda dengan jenis trem yang dulu sudah pernah ada di Surabaya. Trem yang bakal diadakan nanti mempunyai tipe yang berbeda, diantaranya mempunyai rel yang lebih lebar dan jenis kereta lebih besar.

Untuk rute yang dilalui, Risma menyatakan bakal melalui Jl Raya Darmo dan berhenti di stasiun khusus trem di Joyoboyo. Sementara interkoneksi antar moda, Risma mengaku, masih memikirkan agar antara terminal Joyoboyo dengan stasiun milik PT KA di Wonokromo bisa tersambung.

“Nanti akan ada loop, loop yang persisnya secara teknis bisa ditanyakan ke Pak Hendro Gunawan (Kepala Bappeko, red). Tapi yang jelas trem ini tidak seperti yang dulu, keretanya akan lebih cepat dan lebih besar gerbongnya. Saat ini fisibility study masih berjalan mudah-mudahan pertengahan 2013 sudah selesai,” ujar Risma kepada d-onenews.

Lebih lanjut Risma menegaskan, stasiun trem di Joyoboyo nanti menjadi titik pemberhentian terakhir trem. Setelah itu untuk melanjutkan ke tempat lain bisa menggunakan moda transportasi lainnya. Namun dirinya memikirkan agar bisa dikoneksikan dengan kereta api di stasiun Wonokromo.

“Idealnya untuk interkoneksi memang tidak boleh terputus antar moda harus tetap tersambungkan, makanya ini menjadi PR saya untuk membuat koneksi antara terminal Joyoboyo dengan stasiun Wonokromo,” lanjut dia.

Untuk pengadaan trem ini sekaranag sudah diawali dengan proses pembenahan area terminal Joyoboyo termasuk revitalisasi gedung UPTD Joyoboyo. Nantinya gedung 4 lantai di Joyoboyo yang revitalisasinya sudah akan kelar itu, dijadikan area parkir kendaraan bagi masyarakat yang ingin berganti transportasi dengan trem. (k5/r4)