Survey The Iniative Institute, Khofifah Paling Tenar dan Gus Ipul Paling Layak

foto ; Peneliti ‘The Iniative Institute’ Airlangga Pribadi

Surabaya,(DOC) – Lembaga ‘The Iniative Institute’ membuat survey untuk para calon gubernur(Cagub) Jawa Timur pada Pilgub 2018 mendatang.

Survey yang dilakukan di bulan September dengan mengambil sampling di 180 daerah di Jatim menempatkan Khofifah Indarparawansah di urutan pertama sebagai tokoh yang dikenal public. Kemudian di urutan kedua, ditempati Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf(Gus Ipul) yang disusul diurutan di bawahnya, Walikota Tri Rismaharini dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

“Hasil survey cukup menarik, karena nama Tri Rismaharini yang jelas-jelas tidak maju dalam Pilgub,  namun masih dipilih oleh masyarakat,” ujar peneliti The Iniative Institute, Airlangga Pribadi Kusman, Minggu(22/10/2017).

Untuk hasil survey Cagub Jatim yang paling layak, lanjut Airlangga, muncul 4 nama kandidat Cagub yang menjadi pilihan masyarakat.

“Gus Ipul menjadi nama yang paling layak menjadi Gubernur Jatim dengan prosentase 38,1 persen. Disusul Khofifah sebanyak 32,8 persen, Tri Rismaharini 22,9 persen dan Azwar Anas sebanyak 3,2 persen,” papar Airlangga.

Meski dianggap paling layak memimpin Jatim, namun untuk ketokohannya, Gus Ipul masih dibawah Khofifah yang sekarang masih menjabat sebagai Menteri Sosial.

Airlangga menambahkan, hasil survey pengenalan nama tokoh di Jatim, para responden lebih memilih Khofifah dibanding Gus Ipul.

“Dalam survey pengenalan nama tokoh Jawa Timur, Khofifah pilihan ter – favorit dengan prosentase 98.90 persen. Sedangkan Gus Ipul mendapat 98,10 persen,” pungkasnya.(hd/r7)