SYARAT CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JATIM: KEDUA BACALON SAMA-SAMA JALANI MASA PERBAIKAN

Penyerahan Berita Acara dari KPU Jatim Kepada Perwakilan Bakal Pasangan Calon (Rabu, 17/01/18)

Surabaya, kpujatim.go.id– Bakal pasangan calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto dan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno sama-sama menjalani masa perbaikan dalam hal syarat calon. Hal itu diketahui saat rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian administrasi dokumen syarat pencalonan dan syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 di aula Kantor KPU Jatim, Rabu (17/1).

Pengumuman hasil penelitian administrasi dokumen syarat calon dibacakan secara bergantian oleh Komisioner KPU Jatim. Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam, mendapat kesempatan pertama membacakan hasil penelitian syarat calon dari Bacalon Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto.

“Untuk daftar nama tim kampanye tingkat provinsi, kabupaten/kota dan/atau kecamatan butuh perbaikan,” ujar Anam saat membacakan di sidang pleno terbuka KPU Jatim.

Tidak hanya terkait tim kampanye pasangan Khofifah – Emil yang butuh perbaikan. Masih ada beberapa syarat calon yang juga memasuki tahap perbaikan, seperti foto copy ijazah dari Bacalon Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto yang juga butuh perbaikan.

Selanjutnya, giliran Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro yang membacakan hasil penelitian syarat calon dari Bacalon Saifullah Yusuf – Puti Gantur Soekarno, dalam rapat pleno terbuka.

Pria yang akrab dipanggil Gogot ini menyampaikan untuk yang berkaitan tidak memilih tanggungan hutang secara perseorangan dari Bacalon Gubenur Jatim Saifullah Yusuf, dinyatakan ada tapi butuh perbaikan. Tidak hanya hal itu, ada beberapa syarat lain juga butuh dan menjalani tahap perbaikan.

“Foto copy ijazah atau STTB dari Bacalon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno, juga butuh perbaikan,” terangnya.

Terkait apa saja syarat calon dari kedua Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, yang butuh perbaikan. Lebih detail dan lengkap silahkan klik http://kpujatim.go.id/49-webkpu/pengumuman-hasil-penelitian-administrasi-dokumen-persyaratan-calon-dalam-pilgub-jatim-2018/.

Sementara itu, Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto menegaskan, kedua Bacalon diberikan waktu selama tiga hari yakni tanggal 18 – 20 Januari 2018 untuk memperbaiki syarat calon yang belum lengkap. Selama tahap perbaikan itu, diminta untuk berkoordinasi secara aktif untuk proses kelengkapan syarat calon.

“Perlu diingat, batas waktu perbaikan syarat calon selama tiga hari saja. Setelah itu tidak ada lagi perbaikan dan sudah final,” pungkasnya.

Perwakilan Tim Pememangan dari Masing-Masing Bakal Pasangan Calon

(MC – LNC/BIB/TUNG/BAY)

KPU Jatim