TAGLINE KPU MELAYANI HARUS DIJALANKAN DALAM SETIAP TAHAPAN PILGUB JATIM

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito Memberikan Sambutan pada Bimtek Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Tahun 2018 (Jum’at, 12/01/2018)

Sidoarjo, kpujatim.go.id- Tagline Komisi Pemilihan Umum (KPU) Melayani, harus dijalankan secara maksimal dalam seluruh tahapan. Termasuk dalam tahapan yang saat ini sudah jalan, baik itu pemuktahiran data pemilih dan pendaftaran bakal pasangan calon (Bacalon). Baik itu dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, maupun Pilkada Serentak di Kabupaten/ Kota.

Demikian dikatakan oleh Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) pemuktahiran data dan daftar pemilih Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jatim 2018, di Hotel Swiss-Belinn Sidoarjo, Jum’at (12/01).

Pria yang akrab dipanggil Eko ini menjelaskan, salah satu implementasi dari tagline KPU Melayani setidaknya bisa dimulai dengan memperlakukan yang sama seluruh Bacalon yang sudah mendaftar. Dengan cara memberlakukan yang sama terhadap Bacalon, nantinya tidak ada complain dari Bacalon.

“Sudah saatnya lebih hati-hati dalam memperlakukan Bacalon, agar tidak ada komplain di kemudian hari. Perlu jaga jarak, tapi jangan sampai ada kesan mengabaikan,” pesan Eko.

Peserta Bimtek Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih

Dia menambahkan, kehati-hatian itu perlu dilaksanakan agar nantinya tidak dimaknai lain, terlebih sampai dituduh berpihak kepada salah satu Bacalon. Kondisi seperti itu harus bisa dipahami oleh seluruh komisioner di KPU Kabupaten/ Kota, agar tidak menimbulkan persoalan yang berimbas pada tahapan.

Menurutnya, dengan memahami secara utuh tagline KPU Melayani akan menjadikan komisioner lebih profesional. Terlebih, dalam perkembangan terakhir sudah ada sebanyak empat pengaduan terhadap penyelenggara karena dianggap tidak profesional. Aduan itu hingga saat ini masih ada yang dalam tahap proses.

“Tagline kita KPU Melayani harus dijalankan. Profesionalitas kita harus ditingkatkan, serta juga lebih hati-hati,” pungkas Eko.

(MC – BIB/BAY)

KPU Jatim