Tahanan Kabur Usai Ikuti Sidang di Pengadilan

Tidak ada komentar 47 views

Lumajang,(DOC) – Seorang terdakwa kasus Narkorba dan merupakan tahanan Kejaksaan Negeri Lumajang kabur usai menjalani sidang di Pengadilan Negeri, Selasa (2/5/2017).

Pelaku bernama Ali Fateh warga Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian berhasil kabur usai menjalani sidang yang ke 11 dan turun dari Bus tahanan Kejari Lumajang di depan Lapas kelas 2B Lumajang.”Sekitar pukul 17.30 WIB tahanan titipan dari kejaksaan Negeri Lumajang kabur,”ujar  Kalapas Klas IIB Lumajang, Agus Priyatno

Menurutnya, kaburnya Ali Fateh seorang terdakwa titipan Kejaksaan Negeri Lumajang berlangsung singkat, terdakwa sudah ditunggu rekannya dengan mengendarai sepeda motor.”Tahanan tersebut kabur ke arah selatan dengan borgol terlepas,”ujarnya.

informasi yang dihimpun, tahanan Kejari Lumajang yang kabur yakni, M Ali Fatteh, tahanan kasus narkoba.

M Ali Fatteh sebelumnya diberangkatkan dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kabupaten Lumajang menuju ke Pengadilan Negeri Lumajang bersama 24 tahanan lainnya, dengan menggunakan bus tahanan Kejari Lumajang. Kendaraan tahanan tersebut, mendapatkan pengawalan dari 1 orang anggota Sabhara Bripda Hangga, pada Selasa(2/5/2017) siang.

Kemudian, sekitar pukul 16.30 wib, 17 orang tahanan (termasuk M Ali Fatteh) selesai menjalani persidangan di PN Lumajang, dan dikembalikan terlebih dahulu ke Lapas Kelas II B Lumajang. Sebelum dinaikan ke kendaraan tahanan, setiap dua orang tahanan diborgol menjadi satu.

Pemulangan 17 tahanan ke Lapas Lumajang ini tidak mendapatkan pengawalan dari anggota Sat Sabhara Polres Lumajang. Pasalnya, seorang petugas polisi itu, sedang mengawal 7 tahanan lainnya yang masih menjalani persidangan di PN Lumajang.

Ketika kendaraan tahanan Kejari Lumajang tiba di depan Lapas II B Lumajang, para tahanan turun dan dimasukkan kembali ke lapas. Namun, seorang tahanan narkoba M Ali Fatteh, berhasil melarikan seorang diri dan sudah dijemput oleh seorang yang sudah menunggunya dengan mengendarai sepeda motor.

Ali Fatteh sebelumnya pada tanggal 4 Januari 2017 pernah di tolong oleh dua rekannya dari luar tahahanan untuk kabur dengan cara menggergaji besi ruang tahanan. Namun, pada saat itu aksinya digagalkan oleh anggota Poles Lumajang yang sedang berdinas pada malam kejadian.(mam/r7)