Tahun 2013, Pemerintah Perbanyak Lapangan Kerja

Tidak ada komentar 231 views

Jakarta (DOC) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggelar rapat kabinet terbatas bersama beberapa Menteri Indonesia Bersatu Jilid II di Istana Presiden Jakarta.

Rapat membahas upaya pemerintah menciptakan dan meningkatkan lapangan kerja untuk dua tahun mendatang. Dalam kata pengantarnya, Presiden sempat menyinggung beberapa pejabat pemerintahan di daerah yang dinilai kurang paham dalam upaya mengurangi kemiskinan. Kepala daerah yang tidak paham inilah yang oleh presiden hanya berteriak-teriak untuk menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan, namun program yang dijalankan tidak sesuai.

“Teriak-teriak ingin menciptakan lapangan kerja dan teriak-teriak ingin mengurangi kemiskinan tetapi kebijakan yang ditempuhnya tidak mengarah ke situ,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (3/12/2012).

Selain kebijakan lain yang tidak sesuai, yakni tidak berusaha untuk menciptakan iklim kondisi usaha yang kondusif, tidak mencari investor. “Kalau seperti itu, mana  mungkin dapat menciptakan pekerjaan untuk  mengurangi  kemiskinan,” sindirnya.

Ditambahkan, Kepala Negara juga mendorong kepala daerah  untuk melakukan inventarisir karyawannya, karena setiap tahun ada yang pensiun dan disisi lain merekrut karyawan baru. Ditargetkan, tahun 2013 hingga 2014, pemerintah dapat menciptakan lapangan kerja sebanyak mungkin.

“Tujuan kita dua tahun mendatang, kita ingin lebih banyak  menciptakan lapangan kerja,” ujar Presiden SBY. Hadir dalam rapat,  Menteri Sekretaris Kabinet, Sudi Silalahi; Sekretaris Kabinet, Dipo Alam; Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa; Menteri Pemberdayaan dan Aparatur Negara, Azwar Abubakar; Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan; Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar; Menteri Pariwisata dan Kreatif, Mari Elka Pangestu; Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan; Menteri Perindustrian MS Hidayat; dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. (K-4/kbr)