Tahun Depan PDAM Tak Mampu Menambah Pelanggan Baru

Surabaya,(DOC) – Penambahan produksi air bersih PDAM kota Surabaya 2015 mendatang terancam stagnan, akibat baku mutu air produksi yang diambil dari air permukaan kali Surabaya sudah mulai overload.
dipastikan pada tahun depan, PDAM tidak mampu lagi menambah pelayanan untuk pengajuan pelanggan baru.
Ashari Mardiono Direktur Utama PDAM kota Surabaya menyatakan, kondisi air produksi PDAM yang hanya mengelola air permukaan kali Surabaya sudah tidak bisa menambah lagi pelanggan baru, jika tidak ada bantuan dari pemerintah melalui jasa tirta untuk menambah kapasitas air baku sebagai alternatif penambahan kapasitas.
“Sekarang kita masih mengejar izin pemerintah untuk merealisasikan proyek – proyek sumber air umbulan. harapannya akhir 2014 ini, sudah ada kepastian. namun jika hal itu meleset, maka pihaknya akan mencoba alternatif lain”, jelas Ashari, saat ditemui di kantor PDAM kota Surabaya, Senin(8/9/2014) .
Alternatif lain penambahan kapasitas baku mutu air produksi PDAM, menurut Ashari, yaitu dengan mengambil air sungai dari malang untuk jaminan penambahan kapasitas air baku mutu produksi PDAM kota Surabaya.
Ia menjelaskan, air permukaan dari sungai Malang ini, suplainya sama yaitu dari air kali Surabaya yang diatur oleh Jasa Tirta.
“Jika proyek umbulan terrealisasi, maka air porduksi akan save sampai tahun 2019 mendatang. cuma kita perlu mencari alternatif baru yaitu mengambil air permukaan dari sungai yang sama dari Malang. Sekarang ini, PDAM tinggal menunggu izin dari Instansi yang mengelola Sumber Daya Air , karena harus diakui Surabaya tidak mempunyai sumber air,” jelasnya.
Untuk saat ini hingga akhir 2014 mendatang, Menurut Ashari, PDAM masih bisa memaksimalkan pelayanan ke pelanggan hingga 93 persen. Apabila sumber air baku mutu di tambah, maka pelayanan pelanggan baru bisa bertambah hingga 70 ribu sampai dengan 100 ribu pelanggan.
“Sumber air ditambah maka pelanggan PDAM bisa ditambah hingga mencapai 100 persen. Pelanggan yang belum tercaver yaitu pelanggan yang berada di bantaran sungai dan bantaran Rel Kereta Api “,pungkasnya.(r7)