Tak Ada Pembobolan Rekening di Bank Mandiri

Tidak ada komentar 184 views

Jakarta, (DOC) – Corporate Secretary Bank Mandiri, Nixon L.P. Napitupulu menegaskan tak ada oknum yang membobol rekening perusahaan milik pematung proklamator, Nyoman Nuarta, PT MMI.
Bank Mandiri cabang Naripan Bandung memproses transaksi yang diminta oleh Direktur Utama perusahaan tersebut karena sesuai dengan dokumen pembukaan rekening bank. “Kami tunduk pada specimen dan akta penunjukan, kalau tidak, Bank salah,” kata Nixon.
Sebelumnya, diperoleh informasi soal kerugian yang dialami Nyoman Nuarta lantaran rekening perusahaannya – PT MMI – di Bank Mandiri diduga dibobol Direktur Utama-nya sendiri. Semula saldo dalam rekening berjumlah Rp 47 miliar, namun kemudian berkurang Rp 45 miliar.
Menurut Nixon, sebelum memproses transaksi, pihak Bank Mandiri sudah mengecek kelengkapan dokumennya bahkan melakukan rapat. “Giro specimen si A, maka ikut si A,” ucapnya. Ia menegaskan, Bank tidak boleh beropini dalam memproses transaksi. Bank harus mengacu pada dokumen hukum yang dipegangnya.
Soal mekanisme perubahan specimen, Nixon menjelaskan, specimen hanya bisa berubah jika ada perubahan pengurus perusahaan dan ada dokumen hukum atas perubahan itu. Dokumen itu harus disampaikan kepada Bank.
Nixon menegaskan, Bank Mandiri bersikap netral dalam kasus PT MMI. “Bank Mandiri dalam hal ini bertindak netral tak mendukung pihak manapun. Kami juga mentaati dan menghormati proses hukum mereka,” katanya. Ia pun menyampaikan keprihatinan Bank Mandiri dengan dispute yang terjadi antar pihak terkait.
Ditanya komentarnya soal kabar bahwa Nyoman Nuarta akan melakukan aksi di kantor Bank Mandiri, Nixon lagi-lagi menjelaskan, pihaknya memproses sesuai dokumen hukum yang dimiliki bank. “Kami mau bilang apa? Dokumen bilang apa, kami mengikuti dokumen,” ujarnya. (tmp/r4)