D-ONENEWS.COM

Tak Gentar Penertiban, Nurlena Pindah Setelah Pemkot Berikan Ganti Rugi

foto ; Proyek Pembangunan Jembatan penghubung jalan Ratna dan Ngagel Surabaya

Surabaya,(DOC) – Penghuni bangunan rumah dan gudang yang terletak di jalan Ngagel 141, Wonokromo Surabaya, Nurlena sekeluarga mengaku tak gentar dengan ancaman pihak kelurahan yang akan menertibakan bangunan rumahnya, karena dianggap mengganggu proyek pembangunan jembatan penghubung jalan Ratna ke jalan Ngagel.
Ia bersama keluarganya akan angkat kaki, setelah pemerintah memberikan ganti rugi bangunan dan rumah miliknya yang berdiri diatas lahan seluas 310 meterpersegi.
“Gak masalah meskipun bising dengan suara tiang pancang jembatan yang ditancapkan. Pokoknya kita pindah setelah dapat ganti rugi karena kita sudah tinggal disini sejak tahun 1957 lalu,” ungkap Nurlena, Rabu(16/8/2017).
Menurut Nurlena, beberapa hari yang lalu, petugas kelurahan Ngagel sempat mendatangi keluarganya untuk mensosialisasikan pembongkaran bangunan tanpa ganti rugi.
“Tanah ini statsunya masih milik saya. Kita sudah 61 tahun menempati lahan ini,” tambahnya.
Foto : Nurlena warga Ngagel

Bukti yang dimiliki Nurlena, menurut dia, yakni iuran pembangunan daerah (IPDA) yang dibayarkan pada tahun 1982 lalu. Bahkan iuran itu dikenakan sejak almarhum ayahnya masih hidup hingga diteruskan olehnya sekarang ini.
“Karena dasar itu, dulu ayah saya pernah dapat ganti rugi dari Dinas PU kota Surabaya tahun 1995-an. Jumlahnya sekitar Rp 92,500 juta untuk tiga orang, yakni, Bambang Gunawan, ibu saya dan pak Suryadi,” paparnya.
Ganti rugi yang pernah diterima oleh orangtuanya itu, menurut Nurlena, masih belum sesuai karena dirinya memiliki bukti kepemilikan atas lahan berupa surat Egeindom.
“Kan,   bu Erna(Kadis PU,red) pernah bilang, kalau ada suratnya wajib kita ganti entah itu giro, igendom atau apa, sedangkan surat yang kita punya igendom. Untuk itu saya nekat bertahan, meski saya ditawari Rusun. Selama ini, Pemkot tidak mengeluarkan ganti rugi karena dulu sudah pernah menerima,” pungkasnya.(pn/r7)

Loading...