Tak Mundur, Caleg PKB Hanya Perbarui Pendaftaran Ke Pengurus DPC Baru

foto : Salah satu Ketua DPAC PKB Surabaya (Huri) saat memperbarui pendaftaran penccalegan

Surabaya,(DOC) – Kabar soal banyaknya kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Surabaya yang mundur dari daftar calon legislative (Caleg) intern partai, dibenarkan oleh Sekretaris Lembaga Pemenangan Pemilu(LPP) DPC PKB kota Surabaya, Asmuni.

Pernyataan ini menanggapi statement mantan Ketua DPC PKB Surabaya, Syamsul Arifin yang sebelumnya menyatakan banyak Caleg PKB yang mundur dari daftar pencalonan partai, Selasa(5/6/2018) kemarin.

“Iya benar, mereka mundur dari daftar Caleg kepengurus lama dan mendaftar lagi menjadi Caleg PKB ke pengurus baru,” terang Asmuni, Rabu(6/6/2018) sore.

Asmuni menjelaskan, sebelum masa jabatannya berakhir, mantan Ketua DPC PKB, Syamsul Arifin sempat membuka pendaftaran Caleg.

Namun sekarang, lanjut dia, di DPC PKB telah terjadi pergantian kepemimpinan ke Musyafak Rouf, sehingga para Caleg PKB banyak yang memperbarui pendaftaran dengan cara mundur dari daftar Caleg pengurus lama dan kembali masuk ke daftar Caleg di pengurus baru.

“Hari ini saja ada salah satu ketua DPAC PKB yang mundur dari daftar Caleg lama dan menyerahkan berkas pencalegan ke pengurus baru,” imbuh Asmuni.

Sejak surat keputusan penunjukkan Musyafak Rouf sebagai Ketua DPC PKB, para Caleg yang mendaftar ke PKB sudah 30 orang. Sebagian dari para Caleg tersebut, adalah Caleg PKB yang masuk daftar di kepengurusan lama.

“Kalau sekarang jumlah Caleg yang mendaftar sudah bertambah menjadi 40 orang, yang terdiri dari 10 Caleg perempuan tersebar di masing-masing Dapil. Jadi alasan para Caleg PKB mundur itu, karena memang harus memperbarui pendaftaran ke pengurus baru,” pungkasnya.(rob/r7)