Tak Serius, Pemindahan Bus AKAP/AKDP Ke TOW

Tidak ada komentar 278 views

Surabaya,(DOC) – Sebagian Bus antar kota antar Provinsi(AKAP) dan antar kota dalam Provinsi(AKDP), mulai Jumat (22/11/2013) besok, sudah tidak lagi mencari penumpang di terminal Purabaya Bungurasih.
Pemkot Surabaya secara resmi telah memasukkan 68 bus AKAP dan AKDP ke terminal Tambak Oso Wilangun (TOW), untuk melayani semua jurusan, bukan hanya jalur Pantura.
Perubahan tempat mangkal bus ke TOW itu dilakukan pemkot, setelah Pemprov Jatim mengadakan sosialisasi ke Paguyuban Pekerja Angkutan (PPA) TOW.

Meski demikian, Sekretaris PPA TOW, Supari masih mempertanyakan upaya pemerintah tersebut. Ia menyatakan, armada yang dimasukan ke TOW, justru tak ada jurusan atau busyang mempunyai trayek Pantura. Dengan begitu, mengartikan bahwa SK Gubernur Jatim tertanggal 14 Nopember 2013, SK Dirjen Perhubungan darat, dan surat Wali Kota Surabaya telah diabaikan.
“Dalam hal ini dimasukannya armada itu tak mengindahkan instruksi yang ada. Padahal penataan TOW itu mengutamakan masukan bus trayek Pantura,tapi kenyataannya tak dilakukan,” tandas Supari, Kamis(21/11/2013).

Selama ini, sejak beberapa bulan, terminal itu dalam penataan dan bus pun hanya sebagian yang masuk terminal. Sampai saat ini masih ada pembangunan di terminal sisi barat yang belum selesai di bangun.
Sementara Komisi C DPRD Surabaya belum menerima surat tembusan rencana dimasukkanya 68 bus berbagai jurusan ke terminal TOW. Namun pihak komisi saat sidak beberapa minggu lalu, sudah mengetahui rencana masuknya 68 armada bus tersebut.
Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Eddi mengatakan, untuk pemberian izin bus dari berbagai jurusan masuk ke terminal TOW adalah wewenang Gubernur dan Dishub Jatim. Dishub Kota Surabaya sifatnya hanya mengusulkan dan menyediakan fasilitas terminal penurunan dan pemberangkatan penumpang saja.(co/r4/r7)