Tak Takut KPK, Investor Gelar Soft Opening Pasar Turi Baru

Surabaya,(DOC) – PT Gala Bumi Perkasa selaku investor Pasar Turi, secara terang-terangan mengklaim bahwa 3800 stand Pasar Turi Baru sudah selesai dikerjakan. Stand tersebut siap diserahkan ke para pedagang.

Hal ini jelas bertentangan dengan fakta dilokasi proyek yang hingga kini stand Pasar Turi baru masih belum layak digunakan.

“Hari ini sudah bisa  diserahkan sebanyak 3800 stand kepada para pedagang. Dengan begitu sekarang bisa memulai aktifitas perdagangan. Kami berharap saling support sehingga  pasar turi kembali bisa menjadi ikon Surabaya,” ujar Direktur Operasional PT Gala Bumi Perkasa, Jamhadi disela-sela acara soft opening Pasar Turi, Jumat(10/10/2014).

Sementara itu, Direktur Utama(Dirut) PT Gala Bumi Perkasa, Henry J Gunawan, mengatakan,  Pasar turi sekarang sudah menjadi pasar modern karena dilengkapi dengan Air Conditioner(AC) dan 54 Eskalator dengan lahan parkir luas yang bisa menampung 14 ribu mobil dan 6 ribu motor,

“Fasilitas di dalam pasar  full ac dan escalator sudah trial. Namun  menunggu beberapa saat lagi agar lebih nyaman. Lantai memakai granit. Jadi kami harap para pedagang juga merubah pola perdagangannya,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Kelompok Pedagang (Kompag) Pasar Turi, Syukur tetap mendesak Pemkot Surabaya untuk mengambil alih pembangunan Pasar Turi. Alasannya, stand pasar Turi baru masih belum layak digunakan.

“Sebagian besar pedagang Pasar Turi tak akan menerima kondisi stand sekarang ini. Sehingga walikota harus mengambil alih pembangunan, jika tidak pedagang siap menggugat di peradilan,” tegas H. Syukur.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemkot nampaknya kesulitan mengambil alih pembangunan proyek Pasar Turi dari tangan investor . untuk itu Walikota Tri Rismaharini dalam keterangan persnya beberapa waktu lalu, berencana menggandeng Komisi Pemberantasa Korupsi(KPK) untuk menjebloskan investor yang telah menarik dana cicilan ke pedagang Pasar Turi.

Upaya pemkot Surabaya untuk memperjuangkan nasib para pedagang Pasar Turi, dianggap bukan ancaman oleh PT Gala Bumi Perkasa.  Malah sebaliknya, pihak Investor se-akan menantang Pemkot dengan menggelar soft opening dengan agenda tasyakuran atas selesainya pembangunan 3800 stand Pasar Turi baru.(k1/r7)