Takbir Keliling Berhadiah, Sambut Idul Adha

Tidak ada komentar 137 views

Surabaya,(DOC) – Ada banyak cara untuk menanamkan arti berqurban dikalangan anak-anak. Salah satunya dengan menggelar takbir keliling jalan kaki berhadiah.
Ini yang dilakukan pengurus Ponpes Baitunna’im Jalan Kedung Pengkol V, Kecamatan Gubeng Surabaya. Senin (14/10/2013) malam, Ponpes asuhan KH. Moh. Na’im Ridwan ini, mengadakan takbir keliling jalan kaki, menyambut Hari Raya Idul Adha 1434 H.
Menariknya, selain santri dan santriwati, peserta takbir keliling didominasi anak-anak yang membawa obor. “Alhamdulillah anak-anak senang mengikuti takbir keliling ini. Selain mereka senang membawa obor yang langka di Surabaya, mereka juga bisa mendapatkan hadiah. Ada hadiah berupa perlengkapan sekolah, ada juga perlengkapan rumah tangga yang bisa diberikan ke orangtuanya,” kata Hasyim Asy’ari, ketua panitia takbir keliling Ponpes Baitunna’im.
Hasyim yakin takbir keliling berhadiah adalah satu-satunya yang dilaksanakan di Surabaya. Ide menyediakan hadiah muncul spontanitas setelah panitia memiliki kelebihan rezeki yang dikumpulkan dari para umat. Salah satunya, calon tunggal Kapolri, Komjen Sutarman yang kini masih menjabat Kabareskrim Mabes Polri. Sutarman adalah salah satu santri sekaligus donator ponpes tersebut.
“Takbir keliling berhadiah ini terbukti mampu menanamkan arti penting berqurban ke anak-anak. Disela-sela pengundian, saya sampaikan asal muasal kewajiban berqurban bagi umat Islam yang mampu. Anak-anak antusias sekali mendengarnya,” imbuh KH Moh Naim Ridwan, disela acara.
Tadi malam, takbir dan pembacaan shalawat Nabi Muhammad SAW juga dilaksanakan di ponpes yang berada di tengah kampung tersebut.
Na’im Ridwan, kiai asli Lamongan itu berkeinginan takbir keliling Idul Adha tahun depan berhadiah umroh bagi warga sekitaran ponpes yang mengikutinya. “Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kelapangan rizki pada para donatur ponpes selama ini,” harap Gus Na’im, sapaannya.
Hadiah umroh diyakini bisa diberikan lantaran ponpes tersebut juga memiliki usaha sayap, yakni KBIH Baitunna’im. Disisi lain, Gus Naim juga menjabat ketua Fraksi PKB DPRD Surabaya. Dalam waktu dekat dia akan dilantik sebagai wakil ketua DPRD Surabaya, menggantikan Musyafak Rouf.
Gus Na’im memberikan semua gajinya yang diperoleh dari lembaga legislatif untuk kepentingan ummat. “Pencalegan tahun 2014, saya tidak maju lagi. Saya ingin konsentrasi sepenuhnya ke pondok,” pungkasnya.(r7)