Tambah Pasokan Dollar Perkuat Rupiah

Tidak ada komentar 209 views

Jakarta,(DOC) – Bank Indonesia (BI) siap menyediakan pasokan dolar AS di pasar. Hal ini dilakukan dengan bentuk intervensi BI terhadap pelemahan nilai tukar Rupiah pada dolar AS.

“Bentuk intervensi BI itu menyediakan kecukupan dolar di pasar, pasar keuangan kita belum dalam, contoh di Singapura itu pasar valuta asing mencapai USD309 miliar per hari, nah di Indonesia itu hanya USD5 miliar per hari,” ujar Deputi Gubernur BI Senior Mirza Adityaswara, Jumat (10/10/2014).

Dengan kondisi pasar keuangan yang belum dalam ini, BI selalu siap menyediakan suplai dolar AS jika memang volatilitasnya sudah terlalu besar.

“Suplainya itu kan datang dari eksportir, duit dolar itu datang dari situ, makanya kami terus suplai dolar AS,” jelas dia.

Dirinya juga meyakini bahwa pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS bukan hanya terjadi pada Indonesia saja. Kondisi ini juga terjadi pada negara-negara lain yang terkena dampak dari rencana bank sentral AS untuk menaikan suku bunganya yang diperkirakan lebih awal dari rencana sebelumnya.

“Coba saja cek dalam satu bulan terakhir dolar terhadap Thailand Bath, Filipine, Korea, Yen, Euro, dolar menguat pada mata uang itu dan juga ini terjadi terhadap Rupiah, jadi bukan hanya pada rupiah saja pelemahannya,” tukasnya.(oz/r7)