Tambah Produksi Untuk Perkuat Pasar

Tidak ada komentar 126 views

Surabaya,(DOC)- PT Holcim Indonesia Tbk terus menambah kapasitas produksinya melalui pengoperasian pabrik di Tuban. Dengan penambahan produksi diharapkan bisa menjaga penguasaan pasar yang diraih sekarang ini.

Hingga akhir tahun 2013, pabrik semen Holcim mampu memproduksi 9 juta ton semen. “Tidak berhenti disitu, kami akan memperkuat pangsa pasar dengan beroperasinya pabrik 1 dan 2 di Tuban, Jatim,” ujar General Manager Holcim Tuban Plant, Sidik Darusulistyo di Surabaya, Jumat(6/9/2013).

Kedua pabrik tersebut diprediksi mampu menghasilkan 3,4 juta ton. Dengan demikian, jika pabrik di Tuban sudah beroperasi maka total kapasitas produksi akan meningkat menjadi 12 juta ton lebih. Hingga Juli tahun ini progress pabrik Tuban mencapai 7% dan siap dilakukan comissioning pada Oktober mendatang.

Peningkatan produksi dikatakan Sidik sudah waktunya dilakukan. “Melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia, permintaan semen nasional juga meningkat. Tahun ini konsumsi kami prediksi tumbuh 9-10%,” ujarnya.

Meski terus tumbuh, Sidik mengungkapkan konsumsi semen di pasar nasional masih rendah. Hanya berkisar antara 160-200 kilogram per kapita.

Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan negara tetangga. Ia mencontohkan Thailand dan Malaysia yang konsumsi semennya mencapai 400 kilogram per kapita.(dan/r7)